Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Warga Mengenang Genosida Turki

Kompas.com - 25/04/2010, 06:15 WIB

YEREVAN, KOMPAS.com - Ratusan ribu warga Armenia meletakkan bunga di sebuah monumen untuk mengenang para korban genosida Turki Ottoman. Hal itu dilakukan untuk menandai awal peringatan 95 tahun genosida.

Para sejarawan memperkirakan sekitar 1,5 juta warga Armenia dibantai oleh Turki Ottoman, yang saat itu merupakan penguasa utama kawasan. Pembantaian berlangsung selama Perang Dunia I (1914-1918).

Pihak Turki membantah telah melakukan genosida. Mereka menambahkan, jumlah korban telah digelembungkan. Turki mengatakan, warga Armenia yang tewas kala itu adalah korban perang sipil dan kerusuhan sosial.

Para warga Yerevan dan kawasan lainnya serta perwakilan Armenia diaspora melakukan pawai ke sebuah bukit di sekitar ibu kota Yerevan. Sejumlah plakat bertuliskan, ”Tak seorang pun atau kejadian itu tidak akan pernah bisa dilupakan!” dan ”Genosida tak pernah pupus!”

Presiden

Armenia Serge Sarkisian melukiskan genosida itu sebagai tidak pernah terjadi sebelumnya dalam skala jumlah korban, juga dalam konteks kekejaman serta konsekuensinya.

Pembantaian dimulai pada 24 April 1915 dengan pengumpulan sekitar 800 intelektual Armenia, yang kemudian dibunuh.

Otoritas Ottoman kemudian menciduk para warga Armenia dari rumah-rumah dan kemudian membantai dengan tujuan pembersihan etnis Armenia. Para ahli melihat kasus ini sebagai genosida pertama yang terjadi dalam sejarah abad ke-20.

”Kita berterima kasih kepada banyak orang di banyak negara, termasuk Turki, yang mengerti tentang pentingnya menghindari kejahatan terhadap kemanusiaan,” kata Sarkisian.

Pengakuan

Sejumlah negara di dunia telah mengakui kejadian di Armenia itu sebagai genosida, antara lain Uruguay, Cile, Argentina, Rusia, Kanada, Lebanon, Belgia, Yunani, Italia, Vatikan, Perancis, Swiss, Slowakia, Belanda, Polandia, Lituania, dan Siprus.

Halaman Berikutnya
Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com