Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ratusan Imigran Sri Lanka Dipindah ke Kepri

Kompas.com - 19/04/2010, 17:17 WIB

CILEGON, KOMPAS.com — Ratusan imigran asal Sri Lanka yang ditangkap aparat keamanan Republik Indonesia pada 11 Oktober 2009, Senin (19/4/2010), akhirnya bersedia dipindahkan dari pelabuhan Indah Kiat, Cilegon, Provinsi Banten, ke tempat penampungan sementara di Provinsi Kepulauan Riau.

"Mereka diangkut menggunakan enam buah bus dari pelabuhan Indah Kiat menuju Cengkareng. Selanjutnya para imigran tersebut diterbangkan menggunakan dua pesawat Sriwijaya Air yang dicarter untuk mengangkut mereka," kata Direktur Keamanan Diplomatik Kementerian Luar Negeri Sujatmiko.

Di tempat penampungan yang baru tersebut, Komisi Tinggi Perserikatan Bangsa-Bangsa untuk Urusan Pengungsi (UNHCR) mulai Selasa (20/4/2010) akan memulai upaya verifikasi terhadap ratusan imigran Sri Lanka tersebut.

Selain 122 orang imigran yang selama ini tinggal di tenda-tenda dalam lokasi pelabuhan, juga ada 14 orang imigran lainnya di rumah penginapan samping pelabuhan Indah Kiat yang juga akan dipindahkan ke tempat penampungan di Kepulauan Riau.

Seorang imigran yang tengah hamil beserta suami dan anaknya akan dicarikan tempat akomodasi layak. Adapun seorang imigran lainnya yang sakit dan dirawat di Rumah Sakit Krakatau Medika beserta satu penunggunya akan ditangani menyusul.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Terpopuler

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com