Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Penyelam Korsel Berhasil Capai Lambung Kapal

Kompas.com - 29/03/2010, 19:39 WIB

BAENGYONG, KOMPAS.com - Para penyelam Senin (29/3/2010) berhasil mencapai bagian dari sebuah kapal perang Korea Selatan yang terbelah dua.

"Ada satu ledakan yang misterius. Tapi sejauh ini tidak terdengar adanya ada suara-suara dari dalam lambung kapal itu," kata militer.

Empat puluh enam pelaut hilang setelah korvet Cheonan yang berbobot mati 1.200 ton tenggelam di Laut Kuning Jumat malam dekat perbatasan laut yang disengketakan dengan Korea Utara (Korut)dalam salah satu musibah-musibah laut terburuk negara itu.

Para penyelam berusaha mengetahui nasib mereka dan mengumpulkan petunjuk-petunjuk tentang penyebab ledakan itu. Para pejabat Seoul mengatakan sejauh ini tidak ada bukti Pyongyang terlibat.

Kementerian Pertahanan mengemukakan kepada komite pertahanan parlemen bahwa para penyelam angkatan laut mencapai bagian haluan dan memukul lambung kapal itu dengan palu.

Tidak ada tanggapan dari dalam lambung kapal itu, tetapi Menteri Pertahanan Kim Tae-Young mengatakan itu menunjukkan tidak ada yang selamat.

Senin petang para penyelam berhasil mencapai buritan, tempat para prajurit yang hilang diperkirakan berada, namun belum ada informasi tentang temukan mereka.

Kapal itu tenggelam di lepas pantai pulau Baengyeong dekat perbatasan yang disengketakan, lokasi bentrokan angkatan laut yang menelan korban jiwa tahun 1999 dan 2002 dan baku tembak November tahun lalu.

Bagian depan ditemukan akhir pekan lalu. Tetapi para penyelam tidak dapat mencapainya karena arus yang kuat, jarak penglihatan yang dekat dan gelombang tinggi, membuat marah para keluarga pelaut yang hilang yang menuntut usaha penyelamatan lebih cepat.

"Arus yang kencang dan jarak penglihatan yang dekat adalah hambatan terbesar," kata Lee Ki Shik, juru bicara Kepala Staf gabungan dalam keterangan pers.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com