Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pengguna Internet di China Akan Tembus 500 Juta

Kompas.com - 25/03/2010, 11:23 WIB

BEIJING, KOMPAS.com — Seorang pejabat tinggi China mengatakan, populasi pengguna internet di negara itu diperkirakan akan mencapai 500 juta orang dalam dua hingga tiga tahun mendatang. Berdasarkan data resmi terakhir, China saat ini memiliki 384 juta pengguna internet dan jumlah itu sudah menempatkan China sebagai pengguna internet terbesar di dunia.

Harian Global Times, yang mengutip Qian Xiaoqian, Wakil Menteri di Kantor Media Dewan Negara, Kamis, memberitakan, tiga perempat dari pengguna internet di negara itu dalam beberapa tahun mendatang akan berasal dari daerah pedesaan.

Adanya lonjakan populasi pengguna internet telah menjadikan internet sebagai forum bagi warga untuk mengekspresikan pendapat dalam cara yang jarang terlihat di negara yang media tradisionalnya berada di bawah kontrol ketat pemerintah. Meningkatnya kekuatan dan pengaruh populasi web telah membuat Beijing cemas. Internet dipandang berpotensi menjadi alat yang memicu kerusuhan sosial. Pemerintah China pun telah meningkatkan pengawasan terhadap internet dalam beberapa tahun terakhir. Pemerintah menutup isi situs web yang sensitif secara politik dalam sistem besar yang dijuluki "Great Firewall of China".

Senin, Google telah memutuskan untuk mengarahkan permintaan pencarian dari daratan China ke sebuah situs yang tidak disensor di Hongkong. Langkah itu dilakukan dalam upaya melawan sensor yang terjadi di China. Namun, langkah itu memicu kemarahan pihak Beijing.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com