Sabtu, 30 Agustus 2014

News / Internasional

Inilah Gambar Masa Kecil Obama di Menteng Dalam

Kamis, 18 Maret 2010 | 13:06 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com — Sebuah foto yang diambil lebih dari 40 tahun lalu memperlihatkan  Barack Obama kecil sebagai siswa sekolah di Jakarta. Foto ini ditemukan beberapa hari sebelum dia memulai kunjungannya ke sini.

Foto itu, sebagaimana dilansir Telegraph.co.uk, Kamis, diberikan kepada Associated Press oleh Hadi Surya Dharma, seorang teman masa kecil Obama yang duduk di samping Obama dalam foto hitam putih itu. Obama, yang lahir dari ayah asal Kenya dan ibu Amerika, pindah ke Indonesia ketika berusia tujuh tahun. Ia pindah setelah ibunya menikah dengan seorang pria Indonesia yang dijumpai ibunya ketika belajar di Universitas Hawaii.

Di Jakarta, Obama dan ibunya tinggal di Menteng Dalam. Sekarang, kawasan itu telah menjadi kawasan perumahan padat dengan jalanan sempit yang dibayang-bayangi gedung-gedung tinggi. Pada masa itu, daerah tersebut merupakan kawasan pinggiran kota dan ditumbuhi pohon-pohon buah.

Banyak keluarga dari masa itu yang masih tinggal di sana dan mereka masih ingat bocah yang mereka kenal sebagai Barry. "Dia pergi ke rumah setiap orang, bermain layangan, terjebak di rawa-rawa," kata Coenraad Satja Koesoemah, yang memberikan izin kepada ibu dari Obama untuk menggunakan ruangan di bagian depan rumahnya sebagai tempat belajar bahasa Inggris gratis bagi penduduk setempat.

"Dia seorang anak Menteng Dalam, apa lagi yang dapat saya katakan?" kata Coenraad.

Selama lima bulan pertama, Obama dikatakan berjuang untuk bisa berbahasa Indonesia, tetapi setelah itu ia bisa bicara bahasa Indonesia dengan lancar. Dia kemudian menjadi murid favorit para guru dan teman-temannya di daerah itu.

Obama tinggal di Indonesia selama empat tahun sebelum akhirnya kembali ke Hawaii untuk tinggal bersama neneknya.


Editor : aegi
Sumber: