Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Venezuela Terima Enam Pesawat Karakorum

Kompas.com - 14/03/2010, 10:03 WIB

KARAKAS, KOMPAS.com - Angkatan udara Venezuela menerima enam pesawat pertama dari 18 pesawat latih atau serang ringan Karakorum yang dipesan dari China, termasuk sistem pengawasan untuk memelihara pesawat-pesawat itu.

"Karena kami akan mengubah Venezuela menjadi kekuatan ekonomi, sosial dan teknologi, kami membutuhkan kemampuan untuk membela (diri sendiri)," kata Preiden Hugo Chavez dalam suatu upacara seraya memuji persahabatannya dengan China sosialis dan revolusioner.

Pemerintah Venezuela dan China telah merundingkan penerimaan pesawat-pesawat itu pada akhir 2008 sebagai bagian dari langkah Caracas untuk memodernisasi dan mengganti armadanya yang telah tua, yang sebagian besar berdasar pada teknologi AS.

K-8 adalah pesawat dua tempat duduk yang dapat mencapai ketinggian 12,190 meter dan diperlengkapi dengan senjata mesin dan bom ringan. Pesawat itu dikembangkan bersama oleh China dan Pakistan untuk mendukung operasi darat.

Jenderal Jorge Arevalo mengatakan tahun lalu bahwa China akan melakukan tiga pengiriman pesawat-pesawat itu pada 2010, memulai dengan penempatan enam unit pertama.

Rusia, China, Belarus adalah pemasok militer penting Venezuela.

Tahun lalu, Caracas mengatakan Venezuela telah memperoleh kredit 2,2 miliar dolar dari Rusia untuk membeli 100 tank T-72 dan serangkaian sistem roket anti-pesawat dari sekutu strategisnya itu.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com