Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Rambu Jalan Unik dari Romania: Awas! Ada Pemabuk

Kompas.com - 11/03/2010, 11:31 WIB

PECICA, KOMPAS.com — Hampir putus asa dengan para pemabuk yang sering kali menjadi korban kecelakaan lalu lintas, seorang wali kota di Romania memperkenalkan rambu jalan khusus pemabuk guna memperingatkan pengendara. Sejumlah rambu jalan lalu dibikin untuk memberi tanda kepada pengendara agar waspada terhadap pejalan kaki mabuk yang kadang-kadang berbaring di jalanan.

Para pejabat di Pecica, sebuah kota kecil sekitar 19 kilometer dari perbatasan Hongaria, sebagaimana dilansir Telegraph, Rabu (10/3/2010), membuat rambu berwarna merah cerah yang dilengkapi peringatan berbunyi, "Perhatian-Orang Mabuk". Rambu-rambu itu, yang juga bergambar seorang yang sedang merangkak dengan lututnya sambil mencengkeram sebuah gelas di satu tangannya, didirikan di tempat-tempat strategis di dekat bar-bar dan restoran-restoran kota itu.

Peter Antal, Wali Kota Pecica, mengatakan, gagasan itu muncul setelah dia mengunjungi sebuah kota di Jerman yang, menurut dia, membuat rambu lalu lintas yang sama. Dia mengatakan, aparatnya melakukan hal itu setelah hampir putus asa dengan angka kecelakaan di kota itu, yang memiliki populasi sekitar 13.000 orang, yang disebabkan oleh orang-orang mabuk.

Dia mengatakan, kesalahan bukan pada para pengendara. Biangnya adalah para pejalan kaki yang kebanyakan tidak mampu menjaga diri mereka saat berjalan-jalan di kota yang berjarak sekitar 450 kilometer dari Bucharest, ibu kota Romania. "Kami ini kota perbatasan dan banyak kendaraan melintas di daerah ini setiap waktu. Namun, kami juga memiliki kehidupan malam yang ramai dan kedua hal itu tak dapat disatukan," katanya kepada media lokal.

"Kami harus menyasar para pengendara karena pada saat mereka memasuki negara ini, pejalan kaki itu sudah tidak peduli," lanjutnya.

Dia menambahkan, "Tahun-tahun belakangan ini, sejumlah kecelakaan lalu lintas telah menyebabkan, dalam beberapa kasus, orang tewas. Kami telah memikirkan opsi-opsi yang berbeda (tentang bagaimana) kami dapat menghentikan ini semua dan kami memutuskan bahwa langkah pertama adalah dengan membuat rambu ini. Kami harus memperingati pengendara bahwa kadang-kadang orang yang tidak dapat mengontrol diri mereka tiba-tiba muncul di jalanan."

Dia membantah rambu-rambu itu akan memberi pesan buruk tentang warga kota itu. "Rambu-rambu itu justru memberi kontribusi positif," katanya. Warga kota itu mengatakan, rambu-rambu tersebut lucu.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com