Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Bom Meledak di Najaf Jelang Pemilu Irak, 3 Tewas

Kompas.com - 06/03/2010, 14:58 WIB

BAGHDAD, KOMPAS.com — Sebuah bom mobil meledak di kota suci Najaf, yang populer di kalangan Muslim Syiah, Irak, Sabtu, sehari menjelang pemilu, dan menewaskan sedikitnya tiga orang dan melukai 50 orang lainnya.

Ledakan itu menghancurkan setidaknya dua bus pariwisata yang diparkir di dekat makam Imam Ali yang merupakan salah satu tokoh paling dihormati di kalangan Syiah. Makam Imam Ali itu menarik jutaan peziarah Syiah Irak dan Iran setiap tahun. Petugas polisi mengatakan, seorang korban tewas merupakan warga Irak dan dua lainnya peziarah Iran.

Direktur Radwan al-Kindi dari Kementerian Kesehatan Najaf membenarkan kematian tiga orang itu.

Ledakan di sejumlah kota di Irak lainnya minggu ini telah menewaskan lusinan orang. Tentara AS dan pejabat Irak telah memperingatkan bahwa pemberontak dapat saja mencoba mengacaukan pemilihan parlemen Irak pada hari Minggu besok dengan melakukan kekerasan.

Najaf terletak 160 meter di selatan Baghdad. Kota itu memiliki sejumlah tempat suci penting bagi kaum Syiah dan memiliki ikatan keagamaan dengan Iran.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com