Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Korban Tewas Gempa Chile Mencapai 47 Orang

Kompas.com - 27/02/2010, 19:12 WIB

SANTIAGO, KOMPAS.com - Korban tewas akibat gempa dahsyat pada hari Sabtu berkekuatan 8,8 pada skala Richter (SR) di selatan Chile terus bertambah jadi 47 orang. Presiden Chile, Michelle Bachelet mengkonfirmasi jumlah tewas itu, namun meyakini jumlah korban akan bertambah.
  
Gempa merusak sejumlah bangunan di ibu kota Santiago dan memutus aliran telepon dan listrik di beberapa bagian negara itu. "Sepanjang hidup saya belum penah merasakan guncangan gempa seperti ini. Rasanya seperti kiamat," kata seorang pria kepada jaringan televisi dari kota Temuco, tempat rusaknya sejumlah bangunan dan memaksa staf mengevakuasi rumah sakit regional.
   
Badan Survei Geologi AS (USGS) mengatakan pusat gempa itu terletak di 90km sebelah utara kota Concepcion, Chili selatan-tengah, berkedalaman 35km, pada pukul 3.34 waktu setempat atau pukul 13.34 WIB.
   
Jaringan televisi dan radio setempat melaporkan, sejumlah bangunan runtuh di kota Curico dan merusak sejumlah bangunan lainnya di kota bersejarah Santiago, sekitar 320km sebelah utara pusat gempa.
   
Bandara internasional di ibu kota Santiago terpaksa ditutup, sebuah jembatan bebas hambatan runtuh dan puing-puing bangunan menutup jalan. Di beberapa bagian ibu kota Santiago gelap gulita akibat aliran listrik terputus, komunikasi tidak berfungsi di kawasan dekat pusat gempa.
   
Presiden Bachelet menyerukan rakyat untuk tetap tenang. "Dengan gempa sedahsyat ini tidak dapat dipungkiri akan menelan banyak korban jiwa dan luka-luka," kata wanita presiden itu.
   
Peringatan dini tsunami sempat disiarkan di Chile, Peru, Ekuador, Kolombia, Panama, Kosta Rika, dan Antartika. Namun, Angkatan Laut Chile mengatakan perkiraan tsunami di selatan Chile telah dicabut, radio lokal melaporkan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com