Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Malaysia Selenggarakan Konferensi Internasional Hukum Cambuk

Kompas.com - 23/02/2010, 12:41 WIB

KUALA LUMPUR, KOMPAS.com — Pemerintah Malaysia berencana menyelenggarakan konferensi internasional tentang hukum cambuk dan membahas apakah hal itu merupakan hukuman yang pantas bagi perempuan sesuai hukum Islam. Menteri Urusan Perempuan Malaysia, Shahrizat Abdul Jalil, dalam sebuah pernyataan, Selasa (23/2/2010), mengatakan bahwa dia akan mencari dukungan kabinet untuk menyelenggarakan konferensi semacam itu.

Malaysia minggu lalu mengumumkan bahwa otoritas penjara negeri itu telah mencambuk tiga perempuan Muslim yang belum menikah pada 9 Februari setelah sebuah pengadilan syariah di Kuala Lumpur menyatakan mereka bersalah karena melakukan hubungan seks pranikah.

Shahrizat mengatakan, dia berencana untuk mengundang para menteri dari negara-negara mayoritas Islam lainnya, akademisi, dan ahli-ahli agama untuk menukar gagasan dan pengalaman dalam menerapkan syariah Islam.

Tiga perempuan yang dicambuk itu telah menyerahkan diri ke otoritas Islam setelah tidur dengan pacar mereka dan menjadi hamil. Menurut sejumlah media lokal yang dekat dengan pemerintah, ketiga perempuan itu membela bentuk hukuman itu, yang katanya memberi mereka kesempatan untuk bertobat.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com