Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Bayi Ajaib, Enam Bulan Sudah Berjalan

Kompas.com - 16/02/2010, 03:00 WIB

CAMBRIDGE, KOMPAS.com - Seorang bayi lazimnya mulai berjalan saat usia pertumbuhannya mendekati satu tahun. Namun bayi yang satu ini, memiliki kelebihan.

Ia telah mengejutkan kedua orang tuanya dan para ahli medis lantaran telah berjalan tertaih-tatih bantuan pada usia enam bulan.

Bayi ajaib Xavier ini, kini dapat berjalan tanpa bantuan apa pun di saat bayi-bayi lain seuisnya baru mulai berjalan.

Orangtuanya, Maria (30) dan David King (27) mengatakan, mereka mengetahui anak mereka akan cepat belajar ketika dia mulai duduk sendiri pada usia tiga bulan silam.

Tentu saja mereka sangat terkejut terkejut ketika pertama kali Xavier kecil mulai berjalan dengan goyah di sekitar ruangan depan pada bulan Januari lalu.

Ia berjalan cepat. Dan yang lebih mengejutkan, saat itu ia baru saja belajar untuk merangkak.

"Sungguh ini mengejutkan. Kami tidak bisa percaya. Saya tidak pernah berpikir suatu saat ia akan berjalan di usia enam bulan," tutur Maria.


"Xavier lebih maju daripada kebanyakan bayi seusianya. Kami pergi ke kamar anak-anak dan di sana tidak ada anak-anak yang lebih tua dari dia yang sudah bisa berjalan."

Xavier, kini berusia tujuh bulan, setelah dilahirkan pada Juli tahun lalu.

Ahli perkembangan anak menegaskan hal itu sangat biasa untuk seorang anak untuk mulai berjalan pada usia yang masih muda.

Dr Martin Ward Platt, konsultan pediatri di Royal Victoria Infirmary di Newcastle, berkata: "Ini sangat luar biasa untuk bisa berjalan pada usia yang masih muda.

"Untuk menjadi begitu dewasa sebelum waktunya dengan berjalan adalah sangat jarang, tetapi dengan disampaikan setiap 700.000 bayi di Inggris itu akan terjadi dari waktu ke waktu."

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com