Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Penumpang Iseng Bakar Kertas di Toilet, Pesawat CSA Balik Kucing

Kompas.com - 30/01/2010, 21:10 WIB

BEIJING, KOMPAS.com - Pesawat China Southern Airlines (CSA), Sabtu siang terpaksa kembali ke landasan setelah mengudara gara-gara seorang penumpang membakar kertas di toilet. Seorang pria dan seorang wanita telah ditahan setelah pesawat itu mendarat

Media setempat melaporkan, seorang awak pesawat pesawat CSA saat itu terbang dari Urumqi, China barat, menuju Kota Wuhan, China tengah. Mendadak kedua orang itu melakukan aksi berbahaya tersebut.

Situasi keamanan Xinjiang memang lebih menghangat di banding wilayah-wilayah lain di China di wilayah itu sedang timbul aksi separatis. Para pemuka Muslim Uighur di pengasingan mengatakan, Beijing sengaja menuduh aksi separatis untuk membenarkan tindakan kerasnya terhadap penduduk wilayah itu yang mayoritas Muslim.

Xinjiang terletak di bagian barat China itu, dikenal sebagai wilayah kaya energi dan berbatasan dengan beberapa negara Asia Tengah. Sebelumnya, sebuah organisasi hak asasi manusia (HAM) terkemuka menyerukan kepada China untuk mempublikasikan nasib dari para pengungsi etnis Uighur yang dideportasi secara paksa dari Kamboja bulan lalu.

Duapuluh orang etnis Muslim Uighur yang mencari suaka di Kamboja setelah meninggalkan China akibat krisis etnis di kawasan Xinjiang. Di bawah tekanan China, Kamboja mendeportasikan mereka pada 19 Desember dalam apa yang dinilai oleh pakar HAM PBB sebagai tindakan yang melanggar Konvensi PBB tentang pengungsi dan anti-penyiksaan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com