Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kabut Tebal Sebabkan 10.000 Penumpang Pesawat di China Telantar

Kompas.com - 25/01/2010, 16:23 WIB

CHENGDU, KOMPAS.com — Kabut tebal menunda 111 penerbangan dan menelantarkan 10.000 penumpangnya di sebuah bandar udara di Provinsi Sichuan, China, Senin.

"Sebanyak 111 penerbangan ditunda, delapan penerbangan dibatalkan, dan empat penerbangan mendarat darurat di kota-kota tetangga, termasuk Kunming, Guiyang, dan Xi’an," kata Lu Junming dari Bandara Internasional Shuangliu, ibu kota Provinsi Sichuan.

Bandara Shuangliu ditutup pada Senin pukul 06.50 hingga 10.50 waktu setempat. "Kabut tebal menyelimuti bandara dari Senin dini hari hingga pukul 10.50, dan jarak pandang hanya 20 meter," kata Lu.

Pihak berwenang bandara mendistribusikan makanan dan minuman kepada para penumpang yang telantar. Kabut tebal juga memaksa penutupan sementara delapan kereta api di sekitar Chengdu. "Lembah Sichuan cenderung tertutup kabut tebal pada tahun ini akibat lembab, cuaca panas, cukup sinar matahari, dan tidak berimbangnya cuaca pada malam dan siang hari," kata Fan Xiaohong, Kepala Pusat Meteorologi Provinsi Sichuan.

Kekacauan seperti ini pernah terjadi pada Februari 2009 ketika jutaan orang yang kembali dari kampung halaman setelah merayakan festival Tahun Baru China telantar akibat salju dan kabut tebal melanda negara itu.

Pusat Meteorologi Nasional itu juga memperkirakan, kabut melanda daerah-daerah Liaoning, Sichuan, Guizhou, Henan, Zhejiang, dan provinsi-provinsi lainnya. Salju ringan sampai moderat diperkirakan akan turun di bagian-bagian Mongolia Dalam, Provinsi Heilongjiang, Tibet, dan daerah-daerah sepanjang sungai-sungai Kuning dan Huaihe.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com