Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Seumur Hidup untuk Hakim Koruptor

Kompas.com - 19/01/2010, 14:43 WIB

BEIJING, KOMPAS.com - Sebuah pengadilan China menjatuhkan hukuman seumur hidup kepada hakim paling senior yang pernah diadili di negara itu, Huang Songyou, karena tuduhan korupsi, kata badan media negara pada, Selasa (19/1/2010).
   
Huang Songyou dipecat sebagai wakil ketua Pengadilan Tinggi Rakyat pada 2008 dalam kaitan tuduhan menerima uang suap dan penggelapan. Dia dijatuhi hukuman seumur hidup oleh satu pengadilan di provinsi Hebei, China utara, kata Kantor Berita Xinhua dalam laporan singkatnya.
   
Huang adalah petugas pengadilan paling senior yang dituduh melakukan kejahatan semacam, sejak Partai Komunis berkuasa pada 1949, menurut laporan-laporan berita China sebelumnya.
   
Huang dituduh menerima suap lebih dari delapan juta yuan (1,17 juta dollar AS), termasuk dari para pengacara di provinsi Guangdong yang makmur di selatan, tempat dia bertugas sebagai hakim, kata laporan itu. Huang juga dituduh menggelapkan lebih dari sejuta yuan dari satu pengadilan di Guangdong.
   
Pengadilan-pengadilan di China saat ini di bawah kontrol Partai Komunis,  dan kecaman-kecaman menyatakan bahwa korupsi di pengadilan merusak kepercayaan umum di bidang hukum.
   
China tahun lalu memperingatkan, para hakim dan petugas pengadilan lainnya akan kehilangan tugas dan menghadapi tuduhan kriminal, jika mereka menerima pemberian dari orang-orang yang terlibat di dalam kasus mereka.
   
Partai juga mengingatkan, bahwa penegakan hukum bisa terancam jika tindakan seperti itu tidak dianggap sebagai korupsi, yang telah berkembang sejak China mulai melakukan reformasi ekonomi pasar pada akhir tahun 1970-an.
   

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com