Rabu, 1 Oktober 2014

News / Internasional

Gempa 6,5 SR Guncang California

Minggu, 10 Januari 2010 | 13:13 WIB

FRESNO, KOMPAS.com - Gempa bumi berkekuatan 6,5 melngguncang lepas pantai Northern California Sabtu siang waktu setempat atau Minggu (10/1/2010) WIB. Getaran gempa terasa cukup kuat hingga mengguncang gedung-gedung, memutus aliran listrik, dan menyebabkan kaca-kaca pecah di sekitar perbatasan selatan Oregon.

Menurut data Badan Survei Geologi AS (USGS), guncangan yang sangat kuat itu terjadi tepatnya sekitar pukul 16.27 atau Minggu pukul 07.27. Pusat gempa berada sekitar 43 km dari Ferndale, California, AS dan 53 km dari Eureka.

Pihak berwenang di kota terdekat Eureka menyatakan tidak ada korban serius akibat gempa tersebut. Tetapi beberapa orang menderita luka dan goresan kecil akibat pecahan kaca dari Mall Bayshore di Eureka, dan seorang lanjut usia terjatuh hingga pinggulnya patah.

"Kita banyak mendapatkan laporan yang mengalami benjol, memar dan benturan di kepala," kata Laurie Watson Stone, juru bicara Rumah Sakit St Joseph, sebuah rumah sakit utama di Eureka. "Ruang gawat darurat sibuk, tapi kami belum mendengar ada yang luka-luka berat."

Juru bicara Pacific Gas & Electric Co JD Guidi menyatakan aliran listrik di Humboldt County putus dan menyebabkan 25.000 tak teraliri listrik saat ini. Hampir 10.000 orang tidak terlairi listrik selama lima jam sejak gempa terjadi bahkan beberapa bisa tidak dialiri listrik hingga Minggu ini.

Saat gempa terjadi, beberapa lampu lalu lintas ambruk dan sejumlah warga melaporkan muncratnya air, gas, dan kebocoran saluran pembuangan.
Menurut USGS, pusat gempa pada kedalaman hampir 21,7 km. Setidaknya sembilan gempa susulan yang besarnya di atas 3.0 dalam beberapa jam setelah gempa utama.


Editor : wah
Sumber: