Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Dua Gempa Besar Guncang Kepulauan Solomon

Kompas.com - 04/01/2010, 11:26 WIB

CANBERA, KOMPAS.com — Dua gempa besar merusak sejumlah desa dan memicu tanah longsor di daerah terpencil Kepulauan Solomon, Pasifik Selatan, Senin. Sejauh ini belum ada laporan tentang korban jiwa.

Menurut data Pusat Peringatan Tsunami Pasifik dan Survei Geologi Amerika Serikat, dua gempa tersebut, masing-masing berkuatan 7,2 dan 6,5 pada skala Richter (SR), datang bersusulan dan terjadi di sekitar 88 km sebelah tenggara Pulau Gizo di Pasifik Selatan.

"Berdasarkan laporan, desa-desa dan rumah-rumah rusak lebih karena tanah longsor dibanding tsunami, tetapi kami belum mendapat kepastian tentang korban tewas atau terluka," kata seorang juru bicara Kantor Manajemen Bencana Nasional dari Honiara kepada Reuters. Pusat gempa berada di kedalaman antara 33 km dan 36 km.

Tanah longsor terjadi di Pulau Tetepare yang tidak berpenghuni dan pulau tetangganya, Rendova, di provinsi bagian Timur. Pulau Rendova memiliki populasi 3.679 jiwa, berdasarkan sensus penduduk tahun 1999.

Kepulauan Solomon merupakan bagian dari Cincin Api Pasifik. Di daerah ini sering terjadi benturan lempeng benua yang menyebabkan aktivitas seismik. Tahun 2007, sebuah gempa berkuatan 8,1 SR dan tsunami menerjang Gizo dan menewaskan 52 orang serta menyebabkan ribuan orang kehilangan rumah. Pada September tahun lalu, serangkaian gempa yang disusul tsunami menerjang Kepulauan Tonga, Samoa, dan Somoa Amerika dan menewaskan lebih dari 100 orang serta merusak sejumlah desa.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com