Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Washington Post Tutup Biro AS

Kompas.com - 25/11/2009, 12:16 WIB

WASHINGTON, KOMPAS.com — Harian Washington Post akan menutup tiga biro domestiknya yang tersisa di Amerika Serikat akhir tahun ini dalam upaya untuk menghemat biaya.

Redaktur Pelaksana Washington Post Marcus Brauchli, Selasa (24/11), dalam memo kepada staf surat kabar itu, yang salinannya diperoleh AFP, menyatakan bahwa enam koresponden di biro New York, Los Angeles, dan Chicago akan dialihkan ke Washington. Namun, tiga pembantu berita akan dilepas. "Pada saat sumber daya terbatas dan tekanan persaingkan meningkat, kami perlu memusatkan kekuatan wartawan kami pada misi utama kami, yaitu meliputi Washington dan berita, kecenderungan dan gagasan yang membentuk politik regional dan nasional negeri ini, kebijakan, serta pemerintah," kata Brauchli.

"Kami akan terus meliput peristiwa di seluruh negeri ini sebagaimana telah kita lakukan selama beberapa dasawarsa, dengan mengirim wartawan ke lapangan. Komitmen kami tidak pudar terhadap berita yang memiliki kepentingan nasional untuk para pembaca. Kami juga akan mempertahankan tingkat tersebut dan kaliber liputan yang diharapkan para pembaca kami," katanya.

Divisi surat kabar Washington Post Co telah menderita kerugian 166,7 juta dollar AS pada tiga kuartal pertama tahun ini. Sementara itu, beberapa ratus pegawai Washington Post telah menerima pensiun dini atau "membeli saham". Seperti surat kabar lain di AS, Washington Post telah dirundung kemerosotan penghasilan iklan cetak, penurunan sirkulasi, dan perpindahan pembaca ke berita gratis di internet.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com