Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kesenian Hadrah Bawean Gresik Rawan Diklaim Malaysia

Kompas.com - 08/09/2009, 01:31 WIB

GRESIK, KOMPAS.com--Kesenian Hadrah Bawean yang berasal dari Kabupaten Gresik, Jawa Timur rawan diklaim oleh Malaysia, ini lantaran berdasar laporan yang diterima Dewan Kesenian Gresik dari warga Bawean di Malaysia, kesenian tersebut mulai menjadi incaran untuk diklaim.

Ketua Dewan Kesenian Gresik, Kris Aji, saat dikonfirmasi, Senin, membenarkan, adanya laporan mulai adanya pengeklaiman kesenian tersebut.

Untuk itu ia telah mendesak kepada Pemkab Gresik untuk segera mempatenkan kesenian Hadrah Bawean yang dikhawatirkan akan bernasib sama dengan dua kesenian yang diklaim oleh Malaysia, Tari Pendet dan Reog Ponorogo.

Orang Bawean di Malaysia atau biasa disebut orang Buyan sendiri khawatir, karena banyak warga Indonesia yang merantau di Malaysia mulai beralih status menjadi warga Malaysia dan mengenalkan kesenian Hadrah Bawean itu kepada pemerintah setempat.

"Mereka tertarik mengenalkan alat kesenian tersebut karena merasa mendapat dukungan dan diperhatikan, utamanya dari segi permodalan dari "emerintah Malaysia," katanya.

Berdasar data tercatat sedikitnya ada 120 ribu orang Buyan di Malaysia, mereka tergabung dalam Persatuan Bawean Malaysia (PBM). Dari jumlah tersebut sebenarnya anggota PBM 40 ribu orang saja. Sebab, yang jadi anggota yang sudah jadi warga negara Malaysia.

Sementara 80 ribu masih anggota istimewa, karena masih berstatus Warga Negara Indonesia (WNI).

Seni hadrah atau yang biasa disebut kompangan oleh penduduk Malaysia merupakan seni menabuh terbang, sambil menyanyikan lagu-lagu Islami yang biasanya kesenian itu ditampilkan dalam setiap acara perkawinan atau hajatan. Di Malaysia sendiri sedikitnya ada 47 kelompok hadrah.

Kris Aji mengemukakan, usulan untuk pematenan Hadrah Bawean sendiri telah dilaporkan DKG kepada Dewan Kesenian Provinsi Jatim untuk ditindaklanjuti ke Pemerintah Pusat.

Selama ini peran Pemkab Gresik dinilai kurang begitu peduli terhadap perlindungan kesenian khas Gresik dengan memberikan hak paten.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com