Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Segenap Perhatian AS untuk Kepergian Edward Kennedy

Kompas.com - 30/08/2009, 08:15 WIB

WASHINGTON, KOMPAS.com — Ratusan orang berkumpul di luar gedung Capitol Amerika Serikat dengan memberikan sambutan hangat pada Sabtu (29/8) waktu setempat, ketika prosesi pemakaman Edward Kennedy terhenti. Janda Kennedy, Vicki, dan para anggota keluarga senator itu keluar dari mobil mereka untuk menyapa ratusan staf Kongres dan para pembuat undang-undang di tangga gedung itu, tempat "singa" Demokrat tersebut mengabdikan diri selama hampir lima dasawarsa.
    
Dalam pemandangan tak biasa di gedung itu, ribuan pejalan kaki telah berkumpul di taman dan tepi jalan untuk menyampaikan salam perpisahan kepada Kennedy, yang wafat Selasa malam karena kanker otak. Iring-iringan itu disambut dengan luapan emosi yang luar biasa, sedangkan sambutan menggema di sekitar daerah itu selama tiga menit.
    
Setelah itu prosesi penguburan menuju Pemakaman Nasional Arlington melintasi Sungai Potomac di Virginia, tempat ia akan dikebumikan di dekat dengan saudara-saudaranya yang terbunuh, Presiden John F Kennedy dan Robert Kennedy. Bendera yang menghiasi peti mati telah diterbangkan dari Gedung Capitol sampai para pembuat UU memasuki masa libur musim panas, yang diikuti dengan sesi terakhir Senat dalam masa 47 tahun pengabdian Edward Kennedy.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com