Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Rekening Bos Bank Sentral AS Dibobol

Kompas.com - 28/08/2009, 14:15 WIB

WASHINGTON, KOMPAS.com-Ternyata tak seorang pun aman dari pencurian, bahkan seorang bos Bank Sentral AS (Federal Reserve), Ben Bernanke sekali pun.

Rekening Bernanke dibobol setelah dompet istrinya, Anna, dicopet pada Agustus 2008 di Capitol Hill Starbucks.

Menurut laporan Kepolisian Distrik Columbia, dompet istri Bernanke berisi kartu Jaminan Sosial, buku cek, kartu kredit, dan kartu identitas diri. Tidak diungkapkan berapa banyak uang yang dicuri dari rekening Bernanke. Hanya dilaporkan seseorang mencairkan cek dari rekening keluarga Bernanke beberapa hari setelah dompet istrinya dicuri.

Pencurian itu memicu penyelidikan jaringan pembobol bank. Hasilnya, polisi berhasil membongkar jaringan pembobol bank dengan total kerugian 2,1 juta dollar AS dan melibatkan sedikitnya 10 lembaga keuangan. Clyde Austin Gray Jr, warga Maryland mengaku bersalah sebagai pimpinan jaringan itu dalam sidang 22 Juli di Alexandria Virginia.

"Pencurian identitas adalah kejahatan serius yang merugikan jutaan warga Amerika setiap tahun. Keluarga saya adalah salah satu (korban). Saya berterima kasih kepada aparat penegak hukum yang dengan sabar dan rajin membongkar dan mencegah kejahatan keuangan," kata Bernanke dalam sebuah pernyataan dan dilansir Associated Press, Jumat (28/8).

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com