Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Dianggap Pro-Iran, Cendikiawan Muslim Dipecat

Kompas.com - 19/08/2009, 08:28 WIB

ROTTERDAM, KOMPAS.com — Pemerintah kota Rotterdam dan Erasmus University memecat seorang cendikiawan kenamaan Eropa dari jabatan pemerintah kota prajanya dan juga dari jabatan akademisnya.

Para pejabat pemerintah kota dan universitas bertindak setelah Tariq Ramadan, seorang Muslim asal Swiss, memandu sebuah program di Press Televisi yang didanai Pemerintah Iran. Mantan pegawai cendikiawan itu mengatakan, kemunculannya bisa dilihat sebagai dukungan terhadap rezim Iran.

Ramadan menjadi dosen tamu di Erasmus University dan seorang penasihat Wali Kota Rotterdam untuk isu-isu keragaman budaya sejak tahun 2007.

Dalam pernyataan bersama, universitas dan pemerintah kota mengatakan, pemaparannya di Press Televisi dan hubungan tidak langsungnya dengan rezim Iran "tidak bisa diterima".

Ramadan mengatakan kepada televisi publik Belanda, NOS, ia akan melakukan naik banding di pengadilan. Bulan lalu, sebuah pengadilan banding federal Amerika telah memperkuat putusan pengadilan di bawahnya yang melarang Ramadan memasuki Amerika.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com