Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Hiroshima Serukan Dunia Bebas Senjata Nuklir 2020

Kompas.com - 06/08/2009, 14:26 WIB

HIROSHIMA, KOMPAS.com — Kota Hiroshima, Jepang, menyerukan penghapusan total senjata nuklir pada tahun 2020. Seruan itu disampaikan Wali Kota Hiroshima, Tadatoshi Akiba, ketika warga kota itu, Kamis (6/8), menandai ulang tahun ke-64 serangan bom atom pertama di dunia ke Hiroshima.

Sekitar 50.000 orang, termasuk orang yang selamat dari bom atom dan Perdana Menteri Jepang Taro Aso serta para wakil dari 50 negara berkumpul di tempat kenangan bagi orang-orang yang tewas karena bom itu. Tadatoshi Akiba memuji Presiden Amerika Serikat (AS) Barack Obama karena pandangan antinuklirnya ketika ia memberikan pidato pada peringatan peristiwa itu, di dekat kubah bom, bekas tempat pameran yang terbakar menjadi kerangka karena sangat panasnya bom tersebut.

Akiba mengutip Obama yang dalam sebuah pidato mengatakan, sebagai satu-satunya negara yang telah menggunakan senjata atom, AS memiliki tanggung jawab moral untuk bertindak guna mencapai dunia yang bebas nuklir. "Penghapusan senjata nuklir adalah keinginan tidak hanya hibakusha (orang-orang yang selamat dari bom atom), tapi juga sebagian besar orang dan negara di planet ini," kata Akiba.

"Kami menunjuk kepada diri kami sendiri, mayoritas besar global, seperti Obamajority, dan kami minta pada sisa dunia untuk menggabungkan kekuatan dengan kami guna menghapuskan semua senjata nuklir pada 2020," katanya.

Orang-orang yang menghadiri upacara kenangan itu berdiri dan memanjatkan doa dengan mengheningkan cipta pada pukul 08.15 waktu setempat, tepat pada waktu bom itu dijatuhkan tahun 1945. Bom itu menewaskan sekitar 140.000 orang pada 1945 saja. Mereka tewas seketika atau dalam beberapa hari dan pekan berikutnya ketika radiasi atau luka bakar yang mengerikan mengambil korbannya.

Tiga hari setelah pengeboman Hiroshima, AS menjatuhkan bom kedua di Nagasaki, yang menewaskan 70.000 orang lagi di kota pelabuhan di Jepang selatan itu. Jepang menyerah dalam Perang Dunia II pada tanggal 15 Agustus. Negara tersebut sejak itu secara resmi menjadi cinta damai dan menjadi salah satu sekutu terdekat AS.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com