Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Jacko, Sehat atau Sakit, Tergantung Siapa yang Bicara

Kompas.com - 13/07/2009, 13:54 WIB

LOS ANGELES, KOMPAS.com - Pada hari terakhirnya, beberapa orang menyebutkan Michael Jackson sangatlah sehat dan aktif. Sebaliknya, orang lain menyatakan ia begitu kurus dan lemah. Ketika ada kabar bahwa ia sering memohon untuk mendapatkan obat-obatan yang lebih keras, yang lain bersaksi Jackson tidak menunjukkan tanda-tanda pernah mengkonsumsinya. Bagaimana kondisi Jacko memang sepertinya tergantung pada siapa yang berbicara.

Kumpulan teka-teki yang rumit tentang kesehatan Jackson dan kebiasaannya telah menjadi sorotan publik semenjak kematiannya pada 25 Juni lalu. Ketika semua orang masih menunggu sebulan lagi untuk mendapatkan laporan toxicology mengenai penyebab pasti kematiannya, semakin banyak pula rumor yang muncul.

Masing-masing rumor menimbulkan spekulasi lebih jauh. Namun tidak ada yang bisa memberi kesimpulan yang memuaskan. Beberapa yang mengenal Jacko bahkan memberi pernyataan kontradiktif dengan omongan-omongannya sendiri.

Inilah beberapa kesaksian dari teman-teman Jacko:

- Saat gladi resik terakhirnya di Staples Center, Jackson terekam kamera sedang melakukan moonwalk dan tarian-tarian khasnya. Randy Phillips, CEO dari promotor konser AEG Live, mengatakan pada CNN bahwa kondisi Jackson " sangat sehat dan bersemangat."

- Phillips belakangan mengatakan ketakutannya pada penyelenggara konser ABC bahwa Jackson sedang kehilangan berat badannya dan menunjukkan tanda-tanda ketakutan dan kelelahan. Phillips kemudian mengaku bahwa dia menugaskan staff yang bekerja khusus untuk mengingatkan Jackson untuk makan.

- Dr. Arnold Klein,Dokter kulit Jackson, yang mengaku terakhir kali melihat Jackson kurang dari seminggu sebelum kematiannya, mengatakan pada CNN bahwa penyanyi itu "dalam keadaan fisik yang sangat sehat," mood yang sangat baik" dan "sangat bahagia"

- Klein juga mengatakan pada CNN bahwa ia telah memberikan obat penghilang rasa sakit, Demerol kepada Jackson, tapi pernah memperingatkan dia agar berhati-hati menggunakan Diprivan, obat penenang yang sangat kuat. Klein juga mengkonfirmasi bahwa Jackson adalah mantan pecandu obat yang pernah direhabilitasi di Inggris.

- Bintang "The Incredible Hulk" Lou Ferrigno, yang membantu Jackson untuk mempersiapkan rangkaian konser di London, mengatakan pada AP bahwa dia tidak pernah melihat Jackson memakai obat-obatan ataupun bertingkah berlebihan. Dan Raja Pop itu tidaklah lemah ketika ia terakhir berjumpa pada akhir Mei. "Saya tidak pernah melihat dia dengan kondisi lebih baik dari ini," ungkap Lou.

- Dua mantan orang kepercayaan Jackson, perantaranya Uri Geller dan mantan pengawalnya Matt Fidde, mengaku telah berusaha menjauhkan Jackson dari obat-obatan yang merusak, tapi sia-sia. Geller mengatakan dia begitu disibukkan dengan masalah ini, tapi tidak sampai harus berteriak pada Michael atau menyita stok obat-obatan Jackson sepanjang perjalanannya di Inggris.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com