Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Serangkaian Bom Meledak di Luar Gereja Baghdad

Kompas.com - 13/07/2009, 02:51 WIB

BAGHDAD, KOMPAS.com — Sejumlah bom meledak di luar lima gereja Kristen di Baghdad, Minggu (12/7), menewaskan empat orang dan mencederai lebih dari 30 lain.

Serangan paling serius dilancarkan dengan peledakan bom mobil di dekat sebuah gereja di Jalan Palestina di Baghdad timur, yang menewaskan empat orang dan mencederai 21 lain. Satu sumber kepolisian mengatakan, sedikitnya delapan orang Kristen termasuk di antara mereka yang terluka.

Beberapa menit kemudian, sebuah bom meledak di luar gereja di distrik Dora di Baghdad selatan, mencederai tiga orang dan merusak bangunan itu. Sebelumnya tiga bom yang disembunyikan di kotak-kotak kardus meledak di dekat pintu gerbang gereja-gereja di distrik Ghadir dan Karrada di Baghdad tengah dan timur. Salah satu ledakan itu mencederai tujuh orang, sementara ledakan-ledakan yang lain tidak menimbulkan korban.

Pertumpahan darah yang terjadi setelah invasi pimpinan AS pada 2003 umumnya menurun. Namun, kekerasan masih terjadi, khususnya di daerah-daerah yang memiliki keragaman etnik dan agama. Penduduk Kristen Irak, yang diperkirakan berjumlah sekitar 750.000 orang, merupakan minoritas kecil di negara mayoritas muslim yang berpenduduk sekitar 28 juta orang itu.

Warga Kristen menjadi sasaran serangan secara sporadis, terutama di Baghdad dan kota Mosul, Irak utara, yang membuat banyak dari mereka pergi ke luar negeri.

Kekerasan meningkat menjelang penarikan pasukan AS pada 30 Juni dari pangkalan-pangkalan perkotaan di Irak. Perdana Menteri Nuri al-Maliki memperingatkan pada Juni bahwa gerilyawan dan milisi mungkin meningkatkan serangan mereka dalam upaya merongrong kepercayaan masyarakat pada pasukan keamanan Irak.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com