Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Iran Siap Serang Fasilitas Nuklir Israel

Kompas.com - 06/07/2009, 12:49 WIB

TOKYO, KOMPAS.com — Iran siap untuk mengambil aksi "nyata dan menentukan" apabila Israel menyerang fasilitas nuklirnya. Pernyataan ini disampaikan oleh Alaeddin Broujerdi, kepala komite parlemen Iran untuk kebijakan luar negeri dan keamanan nasional, Senin (6/7).

Pernyataan Alaeddin Broujerdi disampaikan setelah Wakil Presiden AS Joe Biden mengisyaratkan Washington tidak akan ikut campur untuk menangkal kemungkinan serangan militer Israel ke Iran. "Baik AS dan Israel sadar akan konsekuensi dari keputusan yang keliru itu," tegas Broujerdi kepada beberapa wartawan di Kedutaan Besar Iran di Tokyo.
   
"Saya yakin respons kami nyata dan menentukan," ujar Broujerdi ke beberapa wartawan di Kedutaan Besar Iran di Tokyo. Namun, Broujerdi tidak merinci maksud pernyataannya itu.

Israel khawatir Iran tengah mengembangkan persenjataan nuklir untuk ditargetkan ke negara Yahudi itu. Iran membantah berupaya mengembangkan persenjataan dengan dalih bahwa nuklir yang dikembangkannya ditujukan guna membangkitkan energi.
 
Pemerintah Israel telah menjelaskan keinginannya untuk menghentikan program nuklir Iran melalui diplomasi. Namun, Israel tidak menampik kemungkinan menggunakan serangan militer apabila upayanya itu tidak berhasil.
 
Dalam wawancaranya dalam program ABC, This Week, Minggu, Biden ditanya apakah AS akan melakukan intervensi apabila Israel memutuskan melancarkan serangan militer. "Kami tidak dapat mendikte apa yang negara berdaulat lain dapat lakukan dan tidak dapat lakukan," jawab Biden.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com