Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Boeing Telah Serahkan 125 Pesawat Jet Komersial

Kompas.com - 04/07/2009, 03:26 WIB

Washington, Kamis - Produsen pesawat terbang Boeing Co telah menyerahkan 125 pesawat jet komersial pada kuartal kedua tahun ini. Jumlah itu hanya berkurang satu unit jika dibandingkan dengan periode sama tahun 2008.

Manajemen Boeing mengatakan di Washington, Kamis (2/7), dalam tiga bulan mereka menyerahkan 99 pesawat jenis 737, jenis pesawat yang paling laku dari Boeing. Selain itu, Boeing juga telah menyerahkan 21 pesawat jenis 777.

Pada periode yang sama tahun lalu, Boeing mengirimkan 100 unit jenis 737 dan 18 unit jenis 777. Selain itu, Boeing juga telah menyerahkan 2 unit jenis 747 dan 3 unit jenis 767. Hingga tahun ini, Boeing telah menyerahkan 246 unit pesawat, naik dari 241 unit pada tahun 2008.

Order turun

Boeing harus berjuang keras karena order pembuatan pesawatnya berkurang akibat resesi.

Qantas Airways Ltd pekan lalu mengumumkan pembatalan beberapa pesanan Boeing 787 yang selama ini ditunggu-tunggu. Tertundanya order ini sebagai akibat turunnya jumlah penumpang serta seretnya aliran kredit untuk membeli pesawat terbang baru.

Qantas dan Boeing yang bermarkas di Chicago sepakat menunda pengiriman 15 unit jenis 787 dalam empat tahun dan pembatalan order 15 unit B787-9, salah satu jenis pesawat besar.

Perusahaan penerbangan Australia itu juga menyatakan pengumuman atas penundaan percobaan penerbangan perdana Boeing, yang semula direncanakan sebelum Juli. Penundaan ini disebabkan masalah struktural dan tidak berkaitan dengan penundaan pesanan dari Qantas itu.

Qantas mengindikasikan dua bulan lalu bahwa mereka tengah bernegosiasi kembang dengan Boeing seputar pengiriman pesawat jenis 787 yang dipesan pada tahun 2005. (AP/joe)

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com