Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Akhir Tragis dari Kehidupan dan Karier Megabintang

Kompas.com - 26/06/2009, 07:26 WIB

LOS ANGELES, KOMPAS.com — Michael Jackson dikenal dengan bakat penuh sensasi sehingga megabintang ini meraih reputasi sebagai “King of Pop”. Berangkat sebagai superstar dari masa kanak-kanak hingga menjadi penyanyi sangat berpengaruh di dunia pada usia dewasa, Michael Jackson diterpa serangkaian skandal di pengujung kariernya.   

Seorang yang tidak ingin disebutkan identitasnya menjelaskan, Michael Jackson meninggal dunia pada usia 50 tahun di sebuah rumah sakit di Los Angeles, Kamis (25/6). Kondisi pasti tentang penyebab kematian megabintang ini belum diketahui.

Jackson diketahui dalam kondisi tidak bernapas saat tenaga paramedis Los Angeles Fire Department merespons telepon permohonan bantuan darurat 911 pada Kamis (25/6) pukul 12.30 waktu setempat atau Jumat pukul 02.30 WIB. Tenaga paramedis kemudian mencoba meresusitasi dan melarikannya ke UCLA Medical Center.

Kematian Jackson merupakan akhir tragis dari kemerosotan karier yang diwarnai berbagai skandal setelah megabintang ini mengalami masa kejayaan pada tahun 1980-an dengan menembus batasan ras serta mempersatukan musisi kulit hitam dan putih di MTV. Pada masa keemasan kariernya itu pula, kehadiran Michael Jackson memukau pentas musik hingga tangga lagu dunia.

Album Michael Jackson pada 1982, Thriller, yang mencakup hits “Beat It”, “Billie Jean”, dan “Thriller” tetap menjadi album terlaris sepanjang masa yang telah terjual lebih dari 26 juta kopi. Michael Jackson diperkirakan merupakan bintang sangat terkenal dalam generasinya lewat gerakan tarian dan lengkingan suara yang memukau.

Namun, pada akhir kariernya, Michael Jackson yang biasa tampil di atas panggung dengan jaket bergaya militer, sarung tangan, dan kaca mata hitam, diterpa oleh serangkaian skandal, di antaranya pelecehan anak.

Memasuki usia paruh baya, Jackson digambarkan sebagai tokoh abnormal yang menjauhkan diri dari kehidupan orang dewasa dan memilih hidup di sekitar anak-anak yang menetap bersamanya di peternakannya di Neverland. Michael Jackson kerap mengenakan masker antikuman saat melakukan perjalanan di luar ruangan.

Michael Jackson juga memilihara seekor simpanse yang dijadikan sebagai salah satu sahabat terdekatnya. Pada 2005, Jackson dibebaskan dari tuduhan pelecehan terhadap anak penderita kanker berusia 13 tahun di Neverland pada 2003. Kasus ini sekaligus mengandaskan karier dan reputasinya hingga megabintang itu dililit oleh masalah keuangan serius.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com