Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Perceraian Turun karena Harga Rumah Anjlok

Kompas.com - 10/06/2009, 10:22 WIB

BEIJING, KOMPAS.com — Anjloknya harga rumah di Inggris ternyata membawa berkah tersendiri. Kesulitan pasangan menjual rumah yang mereka miliki bersama, dan kesulitan memperoleh kredit membuat angka perceraian di sana turun.

Demikian hasil penelitian kantor akuntansi Grant Thornton yang dilaporkan media, Selasa (9/6).

Studi itu memperlihatkan hampir separuh dari semua pengacara perkawinan yang disurvei percaya jumlah perceraian telah merosot—dan akan terus begitu—akibat krisis keuangan. "Banyak pengacara percaya mereka akan menghadapi lebih sedikit pasangan yang mengajukan perceraian selama masa sulit memperoleh kredit," kata Robert Kerr, mitra di Layanan Penyelidikan dan Forensik di Grant Thornton.

"Alasannya beragam, tapi tentu saja krisis keuangan yang mengikuti penyelesaian perceraian ada di dalam benak satu pasangan ketika mereka memikirkan perceraian," katanya.

Data yang disiarkan oleh Kantor Statistik Nasional Inggris awal tahun ini memperlihatkan jumlah orang yang bercerai merosot dari 12,2 per 1.000 pasangan pada 2006 jadi 11,9 pada 2007, dan saat ini berada pada posisi paling rendah dalam 26 tahun.

"Juga ada peningkatan jumlah orang yang memutuskan untuk tinggal bersama tapi tidak menikah," kata wanita juru bicara Grant Thornton, Suvra Datta. Namun, ia tak bisa berkomentar apakah itu terjadi karena orang tak mampu membiayai pernikahan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com