Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Anggaran Militer China Terbesar Kedua

Kompas.com - 09/06/2009, 14:55 WIB

STOCKHOLM, KOMPAS.com — Tiongkok telah menjadi negara kedua yang punya anggaran militer paling besar di dunia, setelah Amerika Serikat, kata sebuah lembaga riset perdamaian Swedia. Nomor tiga adalah Perancis, disusul Inggris dan Rusia.

Kata lembaga riset perdamaian internasional di Stockholm itu, China menghabiskan 84,9 miliar dollar tahun lalu untuk anggaran militer, atau naik 10 persen dibanding tahun sebelumnya.

Amerika juga meningkatkan belanja militernya sebanyak 10 persen tahun lalu, menjadi 607 miliar dollar. Ini adalah 42 persen dari seluruh anggaran militer dunia. Kata laporan Swedia itu, anggaran militer Amerika mencapai tingkat paling tinggi di bawah pemerintahan Presiden George W Bush.

Laporan tahunan lembaga riset Swedia itu mengatakan, penjualan senjata konvensional meningkat di seluruh dunia, dan 79 persen datang dari Amerika, Rusia, Jerman, Perancis, dan Inggris. China adalah pengimpor senjata paling besar, kebanyakan dari Rusia. Industri senjata, kata laporan itu, sama sekali tidak terpengaruh oleh krisis keuangan global.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com