Minggu, 23 November 2014

News / Edukasi

Menbudpar: Libur Sekolah Jangan ke Luar Negeri, Ya!

Kamis, 4 Juni 2009 | 18:11 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com — Menteri Kebudayaan dan Pariwisata Ir Jero Wacik meminta para orangtua mencegah dan tidak membiasakan putra-putrinya liburan sekolah dengan berwisata ke luar negeri.

"Mulai pekan ini anak-anak kita mulai libur sekolah, dorong mereka berwisata di dalam negeri, cegah mereka bila meminta berwisata keluar negeri," ujar Jero Wacik, di sela pembukaan Gebyar Wisata Nusantara (GWN) 2009, Kamis (4/6) di Jakarta.

Jero mengatakan, pihaknya sengaja menggelar acara GWN 2009 tidak lain sebagai upaya menjaring pergerakan wisatawan di dalam negeri. Acara itu juga untuk mengundang lebih banyak wisatawan mancanegara masuk ke Indonesia.

Pameran itu sendiri, tambahnya, tercatat merupakan pameran terbesar dan terlengkap tentang obyek wisata dan tempat berlibur di Tanah Air dari Sabang sampai Merauke. "Diadakan pada bulan Juni karena anak-anak sekolah libur," katanya.

Jero menambahkan, Indonesia tidak kalah, bahkan lebih menarik ketimbang, misalnya, Singapura atau Kuala Lumpur. "Jauh lebih cantik Medan, Solo, Ujung Pandang, Bukittinggi, Manado. Pantai kita juga lebih cantik dan mal kita jauh lebih hebat, semuanya lebih baik," katanya.

Jero menambahkan, orangtua sebaiknya jangan memberi peluang kepada anak-anaknya sejak kecil berwisata ke luar negeri. Jero khawatir, hal itu hanya akan membuat anak-anak cenderung kagum kepada negara lain tanpa mengetahui keindahan negaranya sendiri.

"Tidak ada satu pun orang khususnya orang asing yang mengatakan Indonesia tidak indah. Indonesia adalah negara paling indah di dunia," katanya.


Editor :
Sumber: