Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 04/06/2009, 06:51 WIB

KAIRO, KOMPAS.com — Pemimpin kelompok Al Qaeda, Osama bin Laden, dilaporkan mengecam kebijakan Presiden Amerika Barack Obama terhadap negara-negara Islam.

Jaringan televisi Al Jazeera, Rabu (3/6), menyiarkan apa yang disebutnya suara Osama bin Laden, tidak lama setelah Presiden Obama tiba di Arab Saudi, persinggahan pertamanya dalam usaha mendekati negara-negara Islam.

Bin Laden mengatakan, Presiden Obama hanya mengikuti jejak pendahulunya, George W Bush, dan sedang menyebarkan benih-benih kebencian baru di dunia Islam. Bin Laden menghubungkan pernyataan itu dengan bantuan dan dukungan Amerika kepada pemerintahan Pakistan untuk melawan Taliban di Lembah Swat, Pakistan barat daya.

Osama bin Laden juga menuduh Presiden Pakistan Asif Ali Zardari melancarkan serangan ofensif di Lembah Swat atas perintah Presiden Obama, tapi keabsahan pita rekaman itu belum bisa dipastikan. Ini adalah pesan Al Qaeda kedua yang ditujukan kepada Presiden Obama. Kemarin, Ayman al-Zawahiri, wakil Bin Laden, menyerukan kepada warga Mesir untuk menolak Obama ketika ia memberikan pidato di Kairo, Kamis. Pita rekaman al-Zawahiri itu juga belum dikukuhkan keabsahannya.

Menurut Gedung Putih, Presiden Obama akan menekankan janji pribadinya untuk memperbaiki hubungan Amerika dengan dunia Islam.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com