Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Korea Tegang, AS Kirimkan Raptor

Kompas.com - 31/05/2009, 03:33 WIB

KADENA, KOMPAS.com - Menyusul peledakan sebuah bom nuklir oleh Korea Utara, Amerika Serikat mengirimkan 12 jet tempur canggih F-22 Raptor ke Jepang. Jet berkemampuan siluman itu mendarat di pulau Okinawa di Jepang selatan Sabtu (30/5).

Kedatangan pesawat pertama dari barisan pesawat itu di pangkalan angkatan udara di Kadena berlangsung setelah Presiden AS Barack Obama menjamin kembali Perdana Menteri Jepang Taro Aso dalam pembicaraan telpon pekan ini mengenai komitmen Washington pada pertahanan sekutu Asianya itu.
"Pengerahan itu menekankan komitmen AS pada Jepang sebagai mitra regional sangat penting dan mengisyaratkan ketetapan hati AS untuk menjamin stabilitas dan keamanan di seluruh kawasan Pasifik," kata salah satu pejabat Angkatan Udara AS.
    
Pesawat tempur termahal di dunia yang dikenal sebagai Raptor tersebut, berangkat dari pangkalan induk di Langley, Virgina, awal pekan ini, dan direncanakan dikerahkan selama empat bulan. Okinawa memainkan peran tuan rumah bagi sekitar 50.000 personel militer AS yang ditempatkan di Jepang.
    
Korea Utara telah menembakkan serangkaian rudal jarak pendek menyusul uji coba nuklirnya. Negara komunis ini juga dilaporkan siap untuk kembali meluncurkan sebuah rudal jarak jauh.
  

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com