Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tampil Gaya di Musim Liburan

Kompas.com - 28/05/2009, 10:37 WIB

KOMPAS.com - Bagi Anda yang stylish, tampil gaya merupakan suatu keharusan. Tracy Reese, desainer butik Plenty, membeberkan tips mengenai gaya yang cocok dikenakan di saat liburan tanpa perlu mengorbankan kenyamanan berpakaian.

Kunci utama yang disarankan Tracy adalah menghindari sebisa mungkin bahan-bahan sintetis. Siapkan pakaian yang terbuat dari serat alami, seperti katun dan sutera. Utamakan kenyamanan, karena udara panas di Indonesia cenderung lembab. Pilih bahan-bahan lembut dan menyerap keringat, seperti kemeja katun putih, lalu tambahkan aksesori besar, seperti kalung atau ikat pinggang besar merah.

* Warna ceria. Udara panas adalah saat yang cocok untuk mengenakan warna-warna cerah. Tambahkan satu atau dua warna terang lainnya, seperti turquoise atau kuning, pada pakaian dasar berwarna netral, seperti khaki. Warna putih akan selalu cocok dalam setiap suasana, termasuk di musim panas. Warnanya mantap dan terlihat profesional, selain bisa memantulkan cahaya sehingga membantu menjauhi rasa panas. Setidaknya tak sepanas ketika mengenakan warna gelap yang menyerap sinar matahari.

* Agak terbuka. Udara musim panas bisa jadi lembab, namun bukan menjadi alasan untuk memakai pakaian sangat terbuka. Usahakan untuk terlihat seimbang, misalnya jika Anda ingin mengenakan celana pendek, kenakan atasan lengan panjang. Jika Anda mengenakan tank top, pilih celana atau rok selutut. Lagipula di udara panas, kulit akan rentan terbakar.

* Rok melambai. Gaun pantai santai dan rok di musim panas adalah favorit banyak wanita. Rasanya sejuk dan terlihat sangat feminin. Pakaian semacam ini juga bisa dikenakan ke kantor. Misalnya, gaun tanpa tali dengan atasan kemben dikenakan dengan kardigan atau blazer yang sedang trendi, namun pastikan modelnya tak terlalu santai. Hindari rok mini siluet A ataupun dress pendek ke kantor. Jenis pakaian ini lebih cocok dikenakan di akhir minggu.

* Kemeja katun warna putih di musim panas juga banyak digemari. Pastikan pakaian sudah disetrika rapi. Ketika akan mencari kemeja semacam ini, pastikan Anda mencobanya dulu di ruang ganti. Jika terlalu ketat, bentuk tubuh Anda akan terlihat, sementara jika terlalu longgar Anda akan terlihat berantakan.

* Alas kaki. Tentunya, celana pendek dan sandal jepit tak sopan dikenakan ke kantor. Begitu pula sepatu tali hak tinggi dengan rok, ini akan terlihat terlalu provokatif ke kantor. Coba kenakan sepatu hak tinggi peep-toe, yang manis dikenakan di musim panas, dan juga sopan.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com