Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Lebih dari Separuh Warga AS Pindah Agama

Kompas.com - 28/04/2009, 13:59 WIB

WASHINGTON, KOMPAS.com — Lebih dari separuh warga Amerika Serikat telah berpindah agama. Demikian diungkapkan Pew Forum on Religion and Public Life dalam survei yang dilaporkan CNN, Selasa (28/4).

Gregory Smith, salah seorang peneliti Pew Forum, mengatakan, tidak ada pola yang sama tentang alasan mereka pindah agama.

"Hanya sebuah kebebasan untuk semua. Seperti Anda menyaksikan kebebasan pasar pada dunia kerja. Jika orang-orang tidak puas, mereka akan pergi dan jika mereka melihat sesuatu lebih baik, mereka akan bergabung," kata Smith.

Banyak warga AS pindah agama karena mereka pindah ke komunitas baru dan lainnya karena mereka menikahi seseorang yang beda agama. Beberapa di antaranya tidak suka dengan pendeta atau pastor mereka dan beberapa lainnya menyukai pastor di gereja lain. "Dan banyak orang mencantumkan lebih dari satu alasan pindah (agama)," kata Smith.

Ia menegaskan, beberapa faktor yang diperkirakan sebagai alasan orang pindah agama seperti skandal seks di gereja atau ilmu pengetahuan tidak mempercayai agama ternyata tidak banyak berpengaruh.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com