Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Caleg India Andalkan Kuda dan Gajah

Kompas.com - 22/04/2009, 10:45 WIB

NEW DELHI,KOMPAS.com-Komisi Pemilihan Umum India telah melarang penggunaan hewan sebagai lambang pemungutan suara tapi "cinta" para calon pada hewan bersayap dan berkaki empat malah meningkat atau begitulah kelihatannya selama masa pemilihan umum.

"Kesukaan" pada hewan selama masa kampanye telah sering terlihat. Yang paling akhir ialah yang diperlihatkan oleh seorang calon BSP Mohammed Mustaqeem dari New Delhi, yang rombongannya terdiri atas beberapa kuda selain mobil bersama pendukungnya ketika ia mengajukan diri sebagai anggota calon legislatif (caleg). Demikian laporan kantor berita resmi India, Press Trust of India (PTI), Rabu (22/4).

Kejadian serupa, yang terjadi hanya beberapa hari sebelumnya, pencalonan Amroha Mahboob dari Partai Samajwadi (SP) terlihat menunggang kuda selama pencalonan diri bagi daerah pemilihannya.

Gagasan tersebut ialah untuk mengirim pesan kepada partai lain terutama pesaing utama di Uttar Pradesh, BSP. "Kuda dan gajah simbol kecepatan dan lambang kekuatan," kata Mahboob. Alasan lain di balik aksi menunggang kuda ialah "kurangi biaya pemungutan suara". Mahboob mengatakan kuda bukan hanya efektif dalam biaya, tapi juga menguntungkan dia dalam masalah popularitas.

Para calon BSP, yang siap memberi jawaban yang sesuai, dilaporkan merencanakan tindakan serupa dan membuat pengaturan bagi kampanye dengan memanfaatkan gajah di negara bagian tersebut.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com