Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

9 Awak Indonesia Hilang Bersama Kapal 4.255 Ton

Kompas.com - 10/03/2009, 11:36 WIB

TOKYO,SELASA-Petugas masih terus mencari 16 awak kapal kargo asal Korea Selatan (Korsel) dan Indonesia seusai insiden tabrakan dengan kapal kargo berbendara Panama di perairan Izu Oshima, Jepang.

Tabrakan itu, kata Juru Bicara Penjaga Pantai Hidefumi Onoue, Selasa (10/3), terjadi antara satu kapal kargo berbendera Korea Selatan dan lawannya yang berbendera Panama. Lokasi kejadian berada di 120 kilometer selatan Tokyo.

Menurut Onoue, petugas menggunakan enam kapal dan tiga helikopter untuk mencari tujuh warga Korsel dan sembilan warga Indonesia dari kapal berbendera Korsel itu. Sementara, seluruh awak kapal berbendera Panama dikonfirmasikan selamat.

"Kami terus mencari dan melakukan operasi penyelamatan, tetapi 16 kru masih hilang," kata Onoue. Ia menambahkan kapal Korsel seberat 4.255 ton itu juga hilang dan kemungkinan tenggelam. "Ketika tabrakan terjadi pagi hari, jarak pandang wilayah itu sangat buruk karena hujan," jelas Onoue.

Dijelaskan, semua kru kapal Panama seberat 10.833 ton itu selamat. Kapal itu kemudian membantu pencarian. Sebanyak 19 kru kapal tersebut terdiri dari 14 warga Thailand, tiga Myanmar, dan dua warga Indonesia.

Saat kejadian, kapal Korsel yang mengangkut peralatan baja dalam perjalanan pulang sementara kapal Panama menuju pelabuhan Aichi, sekitar 200 km barat lokasi tabrakan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com