Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Inilah Agenda Presiden di KTT ASEAN

Kompas.com - 27/02/2009, 17:10 WIB

Berikut adalah kegiatan selengkapnya Presiden RI di Thailand, seperti disampaikan Staf Khusus Kepresidenan Bidang Hubungan Internasional Dino Patti Djalal:

Jumat (27/2): Tiba di Hua Hin dan langsung memimpin rapat persiapan dengan para anggota delegasi Indonesia.

Sabtu (28/2):

-Presiden akan memimpin KTT ke-4 Indonesia, Malaysia, Thailand Growth Triangle (4th IMT-GT).

- Presiden kemudian akan memimpin KTT ke-5 Brunei, Indonesia, Malaysia, Philippines East ASEAN Growth Area (5th BIMP-EAGA).

- Presiden juga akan menghadiri beberapa pertemuan informal dengan stakeholders ASEAN, yaitu: ASEAN Inter-Parliamentary Assembly (IAPA) ASEAN Youth ASEN Civil Society Presiden juga akan menghadiri Working Lunch dengan ASEAN Business Advisory Council (ABAC).

- Setelah menghadiri upacara resmi pembukaan KTT ASEAN ke-14, Presiden bersama kepala negara/pemerintahan ASEAN lainnya akan mengadakan kunjungan kehormatan kepada Raja Thailand.

- Pada malam harinya Presiden akan menghadiri gala dinner kepala negara/kepala pemerintahan yang hadir pada KTT tersebut atas undangan Pemerintah Thailand.

Minggu (1/3):

- Presiden akan menghadiri retreat KTT ASEAN ke-14, di mana Presiden SBY serta kepala negara/kepala pemerintahan ASEAN lainnya antara lain akan memberikan pandangan dan arahan mereka setelah diberlakukannya ASEAN Charter dan bertukar pikiran tentang berbagai permasalah di wilayah dan dunia.

Selain itu akan dibahas isu utama ketahanan wilayah yang mencakup keamanan panagan dan energi, krisis keuangan glogal ; dan manajemen bencana,

Presiden beserta kepala negara/kepala pemerintahan ASEAN akan menyetujui/mengadopsi lima dokumen utama, yaitu ASEAN Political-Security Blueprint, ASEAN Socio-Cultural Community Blueprint, 2nd Initiative for ASEAN Integration (IAI) Work Plan Deklarasi ASEAN mengenai the Attainment of the Millenium Development Goals in ASEAN, serta Pernyataan ASEAN mengenai keamanan pangan di kawasan ASEAN.

Setelah Retreat KTT, Presiden beserta kepala negara/kepala pemerintahan ASEAN akan menandatangani satu dokumen utama, yaitu Deklarasi mengenai Road Map for an ASEAN Community (2009-2015).

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com