Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Atasi Krisis, Singapura Lobi Indonesia

Kompas.com - 27/02/2009, 14:23 WIB

HUA HIN, JUMAT — Krisis keuangan global benar-benar membuat Singapura sempoyongan. Negeri Merlion itu kini aktif memanfaatkan forum ASEAN Summit untuk mengatasi krisis ekonomi global ini.

Target pertama Singapura adalah melobi Indonesia. Menteri Luar Negeri Singapura George Yeo mengadakan pertemuan bilateral dengan Menteri Luar Negeri Hassan Wirajuda, Kamis (26/2). “Ini karena Indonesia punya pasar yang besar dan satu-satunya negara di Asia Tenggara yang masih mempunyai pertumbuhan ekonomi yang positif,” kata Juru Bicara Departemen Luar Negeri Teuku Faizasyah.

Dalam pertemuan yang berlangsung 45 menit di Hotel Hyatt Regency Hua Hin ini, Yeo meminta Indonesia agar mendorong anggota ASEAN fokus membahas masalah krisis ekonomi global. Selain itu, Yeo juga meminta Pemerintah Indonesia mendorong negara-negara lain bekerja sama dalam kerangka ASEAN.

Singapura khawatir dengan masa depan negerinya. Akibat krisis ekonomi global, sektor jasa yang selama ini menjadi andalan Singapura sangat terpukul hebat. Hassan Wirajuda mengungkapkan, negara tetangga tersebut sudah mulai mengalami resesi ekonomi. “Mereka memperkirakan pertumbuhan ekonomi minus 3 persen hingga 5 persen,” ucap Hassan.

Kecemasan Singapura semakin bertambah besar melihat beberapa negara ASEAN mulai melakukan penutupan pasar, termasuk Indonesia. Sebagai contoh, Indonesia membuat kebijakan mencintai produk lokal. Begitu pun juga dengan Thailand. Pemerintah Thailand meminta warganya membelanjakan uang 2.000 baht untuk produk lokal.

Bukan hanya itu, Singapura juga berharap ASEAN segera menentukan sikap bersama atas krisis ekonomi global ini. Sekadar catatan saja, ASEAN belum membuat solusi bersama mengatasi krisis akibat penundaan ASEAN Summit ke-14 Desember lalu.

Selain berbicara dengan Indonesia, Yeo juga melakukan pendekatan dengan Thailand. Pertemuan dengan Menteri Luar Negeri Thailand Kasit Piromya juga membahas masalah krisis ekonomi global. "Kami membahas bagaimana Thailand dan Singapura bisa bekerja sama untuk memajukan komunitas ASEAN," ucapnya.

Singapura memang cerdik. Negeri ini memanfaatkan peranan Indonesia dan Thailand. Pasalnya, Indonesia dan Thailand akan menghadiri pertemuan G-20 di London pada 2 April 2009 mendatang. Tetangga dekat ini berharap Indonesia dan Thailand juga memanfaatkan forum tersebut untuk mengatasi badai krisis ekonomi. (Kontan)

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com