Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Perahu Terbalik, 21 Imigran Afrika Tewas

Kompas.com - 17/02/2009, 04:38 WIB

MADRID,SENIN-Sedikitnya 21 imigran Afrika utara, banyak dari mereka anak-anak, tewas tenggelam di perairan Spanyol, Senin (16/2).

Insiden terjadi dengan disaksikan orang-orang yang sedang berenang ketika perahu mereka yang penuh sesak terbalik hanya beberapa meter dari pantai Kepulauan Canary.

Perenang dan peselancar berusaha menjangkau imigran-imigran itu ketika mereka berusaha menyelamatkan diri di perairan berombak sebelum kapal-kapal penjaga pantai tiba di lokasi itu.

Enam orang berhasil diselamatkan namun penjaga pantai menemukan 18 mayat pada Senin. Mereka juga berusaha menemukan tiga orang lagi yang mereka lihat di perairan itu.

Badan pelayanan darurat memperkirakan, kapal itu membawa sekitar 28 orang, termasuk beberapa yang berusia di bawah 18 tahun.

Pihak berwenang Spanyol biasanya berusaha mendeportasi para imigran yang memasuki negara itu secara ilegal melalui laut, banyak di antaranya dari Afrika Barat namun ada juga dari Maroko.

Sekitar 9.000 orang tiba di Kepulauan Canary tahun lalu, turun tiga perempat dari puncaknya pada 2006 ketika Spanyol melakukan patroli laut dan meningkatkan deportasi.

Ribuan orang lagi juga diyakini tewas ketika melakukan upaya penyeberangan itu pada 2008, namun biasanya jauh di laut dan tidak bisa dilihat.

Pada akhir pekan, dua kapal lain yang membawa 145 orang, termasuk sekitar 20 anak, mendarat dengan selamat di daerah berdekatan Tenerife.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com