Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Empat Tentara AS Tewas dalam Kecelakaan Helikopter di Irak

Kompas.com - 27/01/2009, 01:23 WIB

BAGHDAD, SENIN - Dua helikopter AS jatuh Senin (26/1) di Irak utara serta menewaskan 4 personilnya. Ini merupakan insiden terburuk yang dialami oleh pasukan AS di Irak dalam kurun lebih dari 4 bulan terakhir.

Militer AS menerangkan kecelakaan ini tak diakibatkan oleh serangan musuh. Meskipun korban terus berjatuhan di antara personil pasukan AS, namun jumlah itu mengalami penurunan seiring dengan merosotnya angka kekerasan di Irak. Perdana Menteri Irak Nouri al-Maliki menekankankan harapannya agar pasukan AS ditarik lebih cepat dari jadwal selama 3 tahun seperti ditetapkan dalam kesepakatan keamanan AS-Irak.

Presiden AS Barack Obama telah menekankan janjinya untuk menarik seluruh pasukan dalam tempo 16 bulan. Obama juga telah mendesak Pentagon untuk menyusun persiapan penarikan pasukan AS dari Irak.

Kecelakaan helikopter Senin merupakan insinden terbesar bagi pasukan AS sejak 18 September tahun lalu saat 7 tentara AS tewas dalam sebuah kecelakaan helikopter di padang gurun bagian selatan di Basra barat. Kecelakaan helikopter Senin berlokasi sekitar 30 kilometer barat Kirkuk yang terletak sekitar 290 kilometer utara Baghdad.  

Dengan adanya kecelakaan helikopter itu, telah 4.236 tentara AS tewas di Irak sejak bermulanya invasi Maret 2003. Pasukan AS bergantung sepenuhnya pada transportasi helikopter dan pesawat untuk mengirimkan pasukan serta suplai barang guna menghindari ancaman serangan pasukan musuh di darat serta bom yang dipasang di jalan Irak.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com