Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Nenek Obama Meninggal Sehari Jelang Pemilihan

Kompas.com - 04/11/2008, 05:25 WIB

HONOLULU, SENIN — Sehari menjelang Pemilihan Presiden AS, Barack Obama berduka cita. Neneknya, Madelyn Dunham, yang pernah mengasuhnya selama tinggal di Hawaii meninggal dunia pada usia 86 tahun.

"Dia adalah dasar dari keluarga kami serta seorang perempuan yang memiliki kepandaian luar biasa, teguh, dan rendah hati. Ia adalah orang yang mendorong dan membuat kami punya kesempatan," ujar Obama didampingi Maya Soetoro-Ng, saudara tirinya yang berdarah Indonesia di sela kampanyenya.

Madelyn meninggal dunia dengan damai di Honolulu, Hawaii, Minggu (2/11) malam, setelah berjuang melawan kanker. Obama mendengar kabar tersebut saat berkampanye di Jacksonville, Florida, Senin (3/11) pagi.

Meskipun demikian, Obama memutuskan untuk meneruskan kampanye hingga pemilihan. Pihak keluarga berencana menggelar upacara penghormatan terakhir seusai pemilihan presiden.

Akhir bulan lalu Obama sempat menjenguk Dunham yang kesehatannya terus menurun. Saat itu Obama mengatakan tidak berat meninggalkan kampanye selama dua hari untuk menjenguk neneknya. Kepada CBS ia mengaku tak mau terlambat lagi seperti saat ibunya meninggal dunia karena kanker rahim pada 1995. 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com