Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Macan Tutul Paling Langka Terekam Kamera

Kompas.com - 02/11/2008, 17:03 WIB

MOSKWA, MINGGU - Salah satu spesies kucing besar jenis macan tutul paling langka di dunia berhasil ditangkap dan diabadikan dalam foto sebelum dilepaskan kembali di Russia minggu lalu. Macan tutul timur jauh (Panthera pardus orientalis) atau macan Amur itu ditengarai berasal dari habitat yang berisi sekitar 25-40 ekor di daratan rendah sebelah tenggara Russia.

Hasil pemeriksaan macan tutul yang diberi nama Alyona itu menunjukkan kondisi fisiknya sehat dengan berat 39 kilogram. Usia macan tutul betina itu berkisar antara 8-10 tahun dan dilepaskan dalam keadaan tanpa menderita luka-luka.

Macan tutul tersebut ditangkap tim ilmuwan dari Asosiasi Pemeliharaan Satwa Liar (Wildlife Conservation Society/ WCS) dan Akademi Institut Biologi dan Pertanahan Russia di Primorsky Krai yang berada di perbatasan China-Rusia. Ilmuwan tersebut melanjutkan pemeriksaan contoh darah dan elektrokardiogram (EKG) untuk mengungkap kesehatan dan informasi genetika yang dibutuhkan jika sewaktu-waktu melakukan penagkaran.

"Kami sungguh senang dengan tertangkapnya Alyona dan berharap pada analisis selanjutnya yang diperoleh dari informasi biomedis menunjukkan kondisi yang sehat," tutur ilmuwan senior IBS dan manajer proyek WCS-IBS Alexey Kostyria. Informasi tersebut menjadi dasar upaya yang sedang dilakukan ilmuwan yakni mempertimbangkan untuk memindahkan sejumlah macan tutul ke kawasan lain untuk meningkatkan keragaman genetikanya.

Strategi itu pernah diterapkan pada populasi macam di Florida, dimana satwa dari Texas dipindah ke daerah itu untuk meningkatkan populasi satwa. Saat ini, macan Florida telah meningkat populasinya dari 10 ekor menjadi 100 ekor.

Lebih dari 100 tahun lalu, populasi macan tutul timur jauh telah berkurang dan habitatnya telah hancur. Jerat kamera dan survei snow-tracking mengindikasikan populasi itu masih stabil 30 tahun terakhir, namun kematian per ekor macan tutul terus terjadi. Populasi macan tutul betina di alam diperkirakan tak lebih dari 10-15 ekor.

Jika perkawinan sejenis dan penyakit tetap dalam pengawasan, WCS mempertimbangkan penangkaran sebagai potensi besar untuk meningkatkan tingkat survival dan penyelamatan habitat baik itu di Rusia maupun di timur laut China. Satwa macan tutul itu telah terdaftar di CITES (Convention on International Trade in Endangered Species) yang melindungi satwa dari perdangan ilegal bulu binatang dan tujuan medis.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com