Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

China Buka Bandara Tertinggi Kedua Dunia

Kompas.com - 21/10/2008, 08:14 WIB

BEIJING, SELASA — Bandara tertinggi kedua di dunia, di wilayah etnik Tibet, Provinsi Sichuan, China barat daya, akan dibuka pada bulan ini.

Bandara di daerah Kangding yang banyak dihuni warga Tibet terletak 4.280 meter dari permukaan laut. Itu tertinggi kedua setelah Bandara Qamdo di Tibet yang terletak 4.334 meter di atas permukaan laut.

Surat kabar Chengdu Daily, Senin (20/10), memberitakan, maskapai penerbangan China Eastern Airlines akan menjajal penerbangan reguler ke Kangding sebelum akhir Oktober. Pesawat itu terbang dari ibu kota Provinsi Yunnan Kunming ke Kangding melalui ibu kota Sichuan, Chengdu.

Bandara itu menurut rencana akan dibuka resmi pada Mei. Surat kabar itu tidak menjelaskan alasan penundaan itu, tetapi Tibet dan bagian lain China yang banyak dihuni etnik Tibet dilanda kerusuhan pada musim semi lalu.

Bandara yang dibangun dengan dana sekitar 140,6 juta dollar AS itu terletak di daerah miskin dekat Pegunungan Gongga yang indah. Bandara itu terletak  di satu daerah yang sangat terpencil di mana penyair Dinasti Tang Li Bai dalam tulisannya lebih dari 1.000 tahun lalu mengatakan, tempat yang lebih mudah mencapai surga.

Pemerintah mengharapkan bandara itu akan dapat mendatangkan devisa dari wisatawan dan investasi. Bandara itu didesain untuk melayani 330.000 penumpang setahun dan dapat menampung  Boeing 737 yang memiliki 120 kursi dan Airbus A319.

China memulai program multimiliar dollar dalam tahun-tahun belakangan ini untuk mengubah bandara-bandara tua dan membangun bandara baru di wilayah barat yang terpencil sebagai satu jalan meningkatkan ekonomi. Pada 2006 China membuka bandara ketiga di Tibet di Nyingchi yang terletak hampir 3.000 meter di atas permukaan laut.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com