Senin, 22 Desember 2014

News / Sains

Makam Gladiator Ditemukan di Roma

Minggu, 19 Oktober 2008 | 10:39 WIB

ROMA, MINGGU — Makam seorang gladiator bernama Markus Nonius Macrinus baru-baru ini ditemukan di Roma oleh para ahli purbakala. Markus merupakan gladiator kebanggaan Kaisar Marcus Aurelius yang hidup pada akhir abad kedua untuk bersama-sama ikut berperang dalam memperoleh kejayaan di daratan Eropa.

"Ini penemuan bersejarah mengenai bangsa Romawi yang sangat penting untuk melihat secara jelas kehidupannya selama 20 atau 30 tahun," kata arkeolog senior, Daniella Rossi, di Roma, Minggu (19/10). Makam tersebut ditemukan di sepanjang perbatasan utara Kota Via Flamia.

Terdapat batu-batu pualam yang memberikan inspirasi dan dekorasi yang telah dipelihara dengan indah selama berabad-abad. Semuanya terkubur dalam lumpur yang justru melindungi benda-benda berharga itu saat banjir besar di Sungai Tiber.

Rossi menambahkan, masih banyak lagi makam yang terkubur dalam lumpur dan saat ini para arkeolog terus mencari makam-makam tempat peristirahatan terakhir para gladiator tersebut. Selain makam gladiator, di situs tersebut terdapat tempat tinggal kaisar yang berada di pusat Kota Roma, juga diyakini terdapat jalan bawah tanah, tempat Kaisar Caligula membunuh prajuritnya pada saat itu. (C12-08)


Editor :
Sumber: