Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Makam Gladiator Ditemukan di Roma

Kompas.com - 19/10/2008, 10:39 WIB

ROMA, MINGGU — Makam seorang gladiator bernama Markus Nonius Macrinus baru-baru ini ditemukan di Roma oleh para ahli purbakala. Markus merupakan gladiator kebanggaan Kaisar Marcus Aurelius yang hidup pada akhir abad kedua untuk bersama-sama ikut berperang dalam memperoleh kejayaan di daratan Eropa.

"Ini penemuan bersejarah mengenai bangsa Romawi yang sangat penting untuk melihat secara jelas kehidupannya selama 20 atau 30 tahun," kata arkeolog senior, Daniella Rossi, di Roma, Minggu (19/10). Makam tersebut ditemukan di sepanjang perbatasan utara Kota Via Flamia.

Terdapat batu-batu pualam yang memberikan inspirasi dan dekorasi yang telah dipelihara dengan indah selama berabad-abad. Semuanya terkubur dalam lumpur yang justru melindungi benda-benda berharga itu saat banjir besar di Sungai Tiber.

Rossi menambahkan, masih banyak lagi makam yang terkubur dalam lumpur dan saat ini para arkeolog terus mencari makam-makam tempat peristirahatan terakhir para gladiator tersebut. Selain makam gladiator, di situs tersebut terdapat tempat tinggal kaisar yang berada di pusat Kota Roma, juga diyakini terdapat jalan bawah tanah, tempat Kaisar Caligula membunuh prajuritnya pada saat itu. (C12-08)

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com