Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Anjing Putin Pakai Navigasi Satelit Rusia

Kompas.com - 19/10/2008, 09:28 WIB

MOSKWA, MINGGU — Mantan Presiden Rusia Vladimir Putin dikenal sebagai pecinta hewan. Saat ulang tahunnya, beberapa hari yang lalu, ia dihadiahi anak macan. Putin baru-baru ini juga melengkapi anjing labrador hitam peliharaannya yang bernama Koni dengan kalung pelacak satelit.

Saat menjelaskannya kepada Putin, Jumat (17/10), salah satu Deputi Putin, Sergei Inavov, mengatakan, alat ini akan berada pada kondisi stand by saat anjing tersebut tidak bergerak, misalnya saat berbaring di genangan air. Namun, Putin menimpali dengan mengatakan bahwa anjingnya bukanlah babi sehingga tak mungkin berkubang di genangan air.

"Ia mengibaskan ekornya, berarti suka," ujar Putin.

Alat semacam itu memang bukan hal baru di dunia dengan navigasi global positionign system (GPS). Namun, kalung yang dipakai Koni istimewa bagi Rusia karena menggunakan sistem navigasi buatan Rusia sendiri.

Sistem navigasi satelit milik Rusia tak sepopuler GPS yang dikembangkan militer AS. Namun, cepat atau lambat jaringan satelit yang disebut Global Navigation Satellite System (GLONASS) itu akan menjadi saingan GPS.

GLONASS sedianya mulai beroperasi pada awal tahun ini, tetapi tertunda karena terdapat masalah teknis pada sistem penerimaannya. Saat ini GLONASS sudah siap beroperasi.

Sampai akhir tahun akan ada 21 satelit yang mendukung sistem tersebut. Untuk sementara cakupannya hanya Rusia, tetapi pada akhir 2009 akan diperluas ke seluruh dunia dengan 24 satelit.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com