Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Calon PM Jepang Pencinta Manga

Kompas.com - 23/09/2008, 13:39 WIB

TOKYO, SELASA — Sesuai perkiraan, Taro Aso akhirnya terpilih sebagai Presiden Partai Demokrasi Liberal (LDP) yang kini berkuasa di Jepang, Senin (22/9). Dengan demikian, langkahnya menuju kursi perdana menteri akan semakin mulus. Jika terpilih, Aso akan menjadi PM Jepang pertama yang memeluk Katolik Roma.

Aso menggantikan posisi Yasuo Fukuda, Presiden LDP sekaligus PM Jepang, yang mundur 1 September lalu. Pemungutan suara untuk memilih PM di parlemen akan berlangsung Rabu (24/9) mendatang.

Aso, mantan Menteri Luar Negeri era Perdana Menteri Shinzo Abe dan Junichiro Koizumi, mendapatkan 351 suara dari 525suara dalam pemilihan suara LDP. Dia menyingkirkan empat kandidat lainnya, termasuk mantan Menteri Pertahanan Yuriko Koike, perempuan pertama yang bersaing menjadi presiden LDP.

Politisi konservatif yang dikenal sebagai pencinta manga ini berjanji memperbaiki LDP yang sedang bermasalah. Juga memimpin LDP memenangi pemilihan umum majelis rendah. Darah Aso memang kental dengan kursi perdana menteri. Penggemar manga (komik Jepang) ini adalah putra Takakichi Aso, ketua Aso Cement sekaligus teman dekat mantan Perdana Menteri Kakuei Tanaka.

Ibu Aso adalah putri Shigeru Yoshida, Perdana Menteri Jepang ke-45 yang menjabat selama dua periode, 1946-1947 dan 1948-1954. Aso juga cicit Toshimichi Okubo, salah satu pendiri Jepang modern. Istrinya merupakan putri ketiga Zenko Suzuki, Perdana Menteri Jepang ke-70 yang menjabat dari 1980 sampai 1982. Adik perempuannya, Nobuko, adalah istri Pangeran Tomohito dari Mikasa, saudara sepupu Kaisar Akihito. ap/van

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com