Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Veteran Perang Irak Dukung Obama

Kompas.com - 28/08/2008, 14:40 WIB

DENVER, KAMIS - Dukungan terus mengalir untuk calon presiden dari Partai Demokrat, Barack Obama. Dukungan terbaru datang dari sekelompok veteran Perang Irak yang menyebut Obama lah orang terbaik untuk memimpin militer dan menolong para veteran.

Dalam soal isu keamanan, Obama mendapat perlawanan keras dari rivalnya John McCain dari Partai Republik yang veteran yang pernah menjadi tawanan Vietkong. Untuk mendongkrak kepercayaan terhadap isu keamanan yang diusung Obama, Michael Wilson (33) dokter AU yang bertugas di Irak. "Obama punya kebijaksanaan dan keberanian untuk bicara dengan musuh dan berdiskusi dengan sekutu," kata Wilson, yang sebenarnya pendukung Republik, Rabu (27/8) atau Kamis (28/8) waktu Indonesia.

Dukungan lain dilontarkan Patrick Murphy (34), satu-satunya veteran perang Irak yang berhasil menjadi anggota Kongres AS. Ia berbicara di depan peserta Konvensi Nasional Partai Demokrat di Pepsi Center Denver. Ia didampingi 25 veteran perang Irak yang mengenakan setelah jas warna gelap.

Menurut Murphy, Obama telah berjuang untuk pelayanan yang lebih baik dan mengupayakan perumahan bagi veteran perang yang tuna wisma.    "Itu sebabnya kami ada di sini dan kami bangga berdiri bersama dia saat dia memimpin perjuangan untuk mewujudkan kebijakan luar negeri yang lebih kuat dan cerdas. Dengan begitu kita bisa mengakhiri perang Irak dan memburu teroris yang menyerang kita pada 9/11 dan mengalahkan mereka di sarang mereka di Afghanistan," kata Murphy.  
       
John McCain, kandidat presiden dari Partai Republik, mendukung penuh penambahan pasukan dan menentang jadwal penarikan mundur dari Irak. Sedangkan Obama sejak awal menentang perang, termasuk penambahan pasukan. Ia berencana mengeluarkan pasukan tempurnya dari Irak dalam waktu 16 bulan.        
       
Sementara itu di luar gedung konvensi, para veteran baru hadir dalam sebuah acara pengumpulan dana bagi veteran Irak yang mencalonkan diri menjadi anggota DPR atau senat. Mereka juga menggalang lobi untuk mendapatkan keuntungan lebih banyak bagi para veteran.
       
Rabu pagi waktu setempat, ribuan orang menghadiri konser grup Rage Against the Machine yang disponsori Iraq Veteran Against the War. Setelah itu sekitar 50 veteran mengenakan seragam militer menggelar pawai yang riuh namun damai dari lokasi konser menuju pusat kota.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com