Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Israel Buka Pos Perlintasan Untuk Warga Palestina

Kompas.com - 22/08/2008, 03:01 WIB

BIR NABALA, TEPI BARAT, KAMIS - Israel, yang mendapat tekanan internasional untuk mengurangi pembatasan terhadap warga Palestina, telah memindahkan sebuah pos pemeriksaan di Tepi Barat yang diduduki-Israel, Kamis.

Tindakan itu tiba menjelang kunjungan yang direncanakan oleh Menlu AS Condoleezza Rice pekan depan untuk terus mendesak Israel dan Palestina agar mengejar pembicaraan yang Washington harapkan dapat menghasilkan perjanjian damai awal tahun depan.

Seorang jurubicara militer Israel mengatakan tentara telah diperintahkan untuk memindahkan sejumlah balok beton dan satu pos pemeriksaan tempat tentara memeriksa lalulintas menuju ke Bir Nabala, kota dekat Ramallah, tempat pemerintah Palestina bermarkas. Itu merupakan pos pemeriksaan semacam ketiga Israel yang dipindahkan bulan ini, memenuhi permintaan AS dan utusan Timur Tengah Tony Blair untuk membantu langkah perdamaian dan mendukung pemerintah Presiden Mahmud Abbas yang didukung-Barat.

Tawfiq Nabali, kepala dewan desa Bir Nabala, mengatakan pos pemeriksaan yang telah dicabut itu telah membatasi gerakan lebih dari 50.000 warga Palestina yang tinggal di 15 desa dekat Ramallah. "Kami menyambut baik setiap langkah yang mana pendudukan Israel meninggalkan kami sendirian, hidup bermartabat tanpa pos pemeriksaan dan rasisme," kata Nabali.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com