Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pesawat "Air China" Diancam Ditabrakkan ke Arena Olimpiade Beijing

Kompas.com - 08/08/2008, 18:06 WIB

TOKYO, JUMAT - Kantor perwakilan maskapai penerbangan China, "Air China", di Jepang menerima surat elektronik (email) berisi ancaman untuk meledakkan pesawat maskapai tersebut dan menabrakkannya ke arena Olimpiade Beijing 2008. Demikian diungkapkan polisi di Bandara Narita, Tokyo,  Jumat (8/8).

Menurut petugas, ancaman dalam bahasa Jepang melalui surat elektronik itu berbunyi: "Kami sampaikan pada "Air China": segera hentikan operasi semua pesawat. Jika tidak, kami akan meledakkan pesawat-pesawat itu. Kami akan menabrakkan pesawat-pesawat itu ke arena olimpiade."

"Dua pesawat "Air China" saat ini tengah diselidiki di Bandara Narita," kata petugas tersebut. "Dua pesawat itu akan menuju Beijing dan Shanghai." Seorang petugas Kementerian Transportasi Jepang mengkonfirmasi ancaman bom itu sepertinya terkait dengan Olimpiade Beijing. "'Air China' menerima email yang menyatakan sebuah bom akan diledakkan kecuali jika semua penerbangan "Air China" dihentikan," kata Toshiro Tachimoto, petugas Kementerian Transportasi Jepang.

Pejabat "Air China" di Tokyo dan Beijing belum bisa dimintai komentar terkait ancaman teror itu. Menurut petugas di Bandara Narita, sebuat pesawat "Air China" menuju Chongqing via Shanghai diperintahkan kembali ke Bandara Nagoya (Jepang) terkait ancaman tersebut. "Penerbangan 406 yang mengangkut 70 orang itu diperintahkan kembali menyusul adanya ancaman bom tersebut. Tidak ada penumpang dan awak terluka. Setelah keamanan pesawat dinyatakan oke, pesawat itu akan segera lepas landas," kata Akiko Noguchi, juru bicara Bandara Internasional Jepang Tengah.

Ancaman terorisme tersebut mencuat di saat China meningkatkan level keamanan di seluruh titik di Kota Beijing menjelang digelarnya upacara pembukaan Olimpiade Beijing 2008. Demi pertimbangan keamanan itu, Bandara Beijing akan ditutup menjelang pukul 18.00 waktu setempat atau pukul 17.00 WIB. Upacara pembukaan Olimpiade Beijing 2008 akan dimulai Jumat (8/8) malam ini pukul 08.08 malam waktu setempat atau pukul 19.08 WIB.    

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com