Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Obama Rekrut Trah Kennedy!

Kompas.com - 05/06/2008, 03:18 WIB

WASHINGTON, KAMIS - Barack Obama merekrut anggota trah Kennedy yang legendaris dalam dunia politik AS ke lingkaran dalamnya. Orang yang ditariknya adalah Caroline Kennedy, putri mendiang John F Kennedy.

Sejumlah staf kampanye Obama, Rabu (4/6), mengabarkan bahwa Caroline ditunjuk menjadi pimpinan sebuah tim yang khusus mencari dan menyeleksi calon pendamping Obama sebagai wakil presiden. Selain itu, direkrut pula Eric Holder, mantan Wakil Jaksa Agung, serta Jim Johnson yang lama berkiprah di lingkaran dalam Gedung Putih saat Partai Demokrat berkuasa. Dua orang ini akan menjadi anggota tim yang dipimpin Caroline.

Sejauh ini kalangan dalam Obama belum menyuarakan nama-nama yang masuk nominasi sebagai pendamping calon presiden dari kubu Demokrat itu.  

John F Kennedy yang biasa dijuluki JFK merupakan presiden termuda AS. Ia dilantik menjadi Presiden AS ke-35 dalam usia 44 tahun, 10 Januari 1961. Namun, masa kekuasaannya di Gedung Putih tak lama karena ia tewas ditembak Lee Harvey Oswald pada 22 November 1963 di Dallas, Texas.

Salah satu ucapannya yang amat terkenal hingga kini adalah  "Ask not what your country can do for you; ask what you can do for your country," yang disampaikan saat pidato pelantikannya sebagai presiden.

JFK memiliki dua anak dari istrinya, Jaqueline Lee Bouvier, yakni Caroline dan John Fitzgerald Kennedy yang meninggal dalam kecelakaan pesawat terbang pribadi, 16 Juli 1999. Adik terkecil JFK, yakni Robert Francis "Bobby" Kennedy, pernah menjadi jaksa agung tahun 1961-1964. Ia juga tewas ditembak saat masih menjabat sebagai senator New York pada 1968.

Kakak Bobby yang adik langsung JFK, yakni  Edward Kennedy (77), hingga kini masih menjadi senator Massachusetts. 

 

 

 

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com